Motor matic adalah pilihan terbaik dibanding motor bebek ataupun motor kopling. Beberapa kelebihannya adalah mudah dikendarai, tapi perlu diketahui untuk pemeliharaan juga cukup sulit, termasuk pada van belt. Kenali tanda van belt motor rusak karena bisa saja putus seketika.

Motor matic harus ada pemeliharaan dengan baik. Termasuk disini untuk part van belt atau vbelt memang harus diperhatikan. Apalagi fungsi atau kegunaannya sebagai penghubung mesin roda memang sangat penting. Jadi kalau fungsi tidak maksimal, bakal berpengaruh pada motor. Kalau van belt pada motor Anda ternyata putus, maka motor tidak mungkin bisa jalan meski mesinnya sudah hidup. Memang sama sekali tidak berbeda dengan rantai putus. Tentu saja tadinya kita mau pergi malahan tidak bisa menggunakan motor kesayangan kita.

Berikut adalah 3 tanda van belt motor rusak dan harus diganti :

Untuk tanda atau ciri pertama yang bisa kita lihat yaitu van belt motor sudah mulai retak. Bisa dibilang ini memang ciri fisiknya sangat terlihat. Nantinya Anda juga bisa melihat ada lekukan mirip huruf v bergerigi. Lekukan ini sendiri kelihatan jelas, jadi bisa Anda perhatikan dengan baik. Nantinya Anda harus lihat di setiap bagiannya. Kalau sudah retak, maka wajib langsung diganti. Pergantian ini memang lebih baik dibandingkan membiarkan selama beberapa waktu. Karena kalau sudah retak walaupun hanya sedikit saja, akan tetapi kemungkinan malahan bisa putus waktu digunakan.

Tanda selanjutnya yaitu adanya tarikan motor berkurang bahkan ngempos. Untuk tanda ini sendiri akan membuat tarikan motor benar-benar berkurang. Meskipun Anda tarik dengan benar, tidak akan mungkin bisa berjalan. Jadinya harus dibawa menuju ke bengkel terdekat untuk diganti.

Memang kalau kualitas van belt motor sudah sangat berkurang, maka akselerasi semakin buruk, motor pun jadi ngempos. Proses sampai motor ngempos sendiri tentunya tidak akan berjalan begitu saja, maka dari itu sebelumnya perlu Anda jaga supaya hasilnya tidak buruk di kemudian hari. Bila perlu gantilah van belt motor setelah kelipatan jarak motor 15.000 km. Untuk pergantian harus sesuai dengan penggunaan. Memang waktu 15.000 km merupakan waktu yang paling tepat untuk kita pakai sebagai waktu yang tepat. Karena hal ini akan dapat menjaga mesin vbelt pada motor Anda.

Dalam penggunaan motor paling tidak 15.000 km harus segera diganti vbelt memang sudah disesuaikan sama penggunaan sebelumnya. Dalam waktu ini sendiri Anda juga bisa melakukan perawatan terhadap spare part yang lain. Jadi Anda bisa memiliki motor yang di jaga selalu.

Kalau memang motor digunakan setiap hari, harus diperiksa atau di rawat dengan baik. Perawatan ini sendiri juga memang telah wajib Anda lakukan. Jika perawatan terlalu jarang atau bahkan tidak ada sama sekali, maka kemudian membuat motor Anda jadi rusak. Kemudian tidak akan bisa kita gunakan kembali.

Untuk proses perawatan motor ini saya sarankan Anda untuk segera saja langsung menuju tempat servis terdekat sesuai dengan merk motor matic Anda. Kalaupun mau servis ke bukan bengkel resmi, tetap Anda harus memperhatikan semua perawatan atau pergantian sparepart semuanya asli.

Penggunaan spare part yang palsu sendiri akan membuat motor Anda segera rusak karena bukan asli. Selain itu malahan buang uang karena akan rusak terlalu cepat. Itulah bahasan mengenai cara melihat tanda van belt motor harus segera diganti. Semoga bermanfaat.

, ,