chat-icon Chat Sekarang
burger-icon

Our Blog

Catat, 4 Hal Wajib Diingat Saat Servis Motor
Posted on February 13, 2023

Catat, 4 Hal Wajib Diingat Saat Servis Motor

Servis motor merupakan hal wajib untuk dilakukan setiap pemilik motor. Setelah menempuh jarak ribuan kilometer, motor mesti disegarkan kondisinya dan beberapa bagian butuh peremajaan.

Bukan cuma ganti oli, ada beberapa hal yang penting dilakukan setiap servis motor. Tujuannya biar kondisi motor kembali prima dan aman untuk digunakan rutin.

1. Bersihkan/Ganti Filter Udara

Filter udara punya peran krusial mencegah debu dan kotoran masuk ke saluran pembakaran mesin. Komponen ini wajib dibersihkan secara berkala supaya kotoran tidak menumpuk. Dalam periode tertentu atau jika kondisinya sudah tidak bagus, filter udara sebaiknya diganti.

2. Ganti Busi

Komponen ini jangan disepelekan, deh. Kalau sampai busi rusak karena terlambat diganti, mesin motor dipastikan gak bisa hidup. Jangan lupa ganti busi, setidaknya setiap 10.000 kilometer, biar starter motor tokcer. Kalaupun belum waktunya ganti, jangan lupa ingatkan mekanik untuk membersihkan busi motor.

3. Cek Van Belt

Buat pemilik motor matic, hati-hati motormu tiba-tiba gak bisa maju walaupun sudah digaspol. Ya, kalau van belt sudah getas lalu putus, motor gak bisa jalan karena fungsi komponen ini mengalirkan putaran mesin ke roda. Setiap servis motor, cek kondisi van belt supaya ketahuan jika sudah harus diganti. Periode penggantian part ini sekitar 15.000 kilometer. Begitu juga untuk pengguna motor bebek atau sport, cek kondisi rantai secara rutin dan dikasih pelumas yang sesuai.

4. Cuci Injektor/Karburator

Biar pembakaran berjalan lancara, injektor atau karburator mesti bersih dari kerak. Karena, kerak sisa kotoran dan residu bensin bikin distribusi bensin tersumbat dan bisa mengakibatkan mesin brebet. Selain itu, bensin juga jadi boros kalau injektor atau karburator gak rutin dibersihkan. Intinya banyak masalah yang bisa timbul kalau komponen tersebut kotor.

Sobat bisa menggunakan fitur Booking Service di aplikasi OTOMOTO Indonesia untuk menjadwalkan waktu dan tempat servis di bengkel terdekat dari lokasi Kamu. Tidak usah khawatir, semua bengkel mitra OTOMOTO terjamin kualitasnya. Ada beragam promo dari OTOMOTO dan mitra bengkel yang kamu dapatkan, jadi lebih banyak untungnya.

Read more
Catat, 4 Hal Wajib Diingat Saat Servis Motor
Catat, 4 Hal Wajib Diingat Saat Servis Motor

Servis motor merupakan hal wajib untuk dilakukan setiap pemilik motor. Setelah menempuh jarak ribuan kilometer, motor mesti disegarkan kondisinya dan beberapa bagian butuh peremajaan.

Bukan cuma ganti oli, ada beberapa hal yang penting dilakukan setiap servis motor. Tujuannya biar kondisi motor kembali prima dan aman untuk digunakan rutin.

1. Bersihkan/Ganti Filter Udara

Filter udara punya peran krusial mencegah debu dan kotoran masuk ke saluran pembakaran mesin. Komponen ini wajib dibersihkan secara berkala supaya kotoran tidak menumpuk. Dalam periode tertentu atau jika kondisinya sudah tidak bagus, filter udara sebaiknya diganti.

2. Ganti Busi

Komponen ini jangan disepelekan, deh. Kalau sampai busi rusak karena terlambat diganti, mesin motor dipastikan gak bisa hidup. Jangan lupa ganti busi, setidaknya setiap 10.000 kilometer, biar starter motor tokcer. Kalaupun belum waktunya ganti, jangan lupa ingatkan mekanik untuk membersihkan busi motor.

3. Cek Van Belt

Buat pemilik motor matic, hati-hati motormu tiba-tiba gak bisa maju walaupun sudah digaspol. Ya, kalau van belt sudah getas lalu putus, motor gak bisa jalan karena fungsi komponen ini mengalirkan putaran mesin ke roda. Setiap servis motor, cek kondisi van belt supaya ketahuan jika sudah harus diganti. Periode penggantian part ini sekitar 15.000 kilometer. Begitu juga untuk pengguna motor bebek atau sport, cek kondisi rantai secara rutin dan dikasih pelumas yang sesuai.

4. Cuci Injektor/Karburator

Biar pembakaran berjalan lancara, injektor atau karburator mesti bersih dari kerak. Karena, kerak sisa kotoran dan residu bensin bikin distribusi bensin tersumbat dan bisa mengakibatkan mesin brebet. Selain itu, bensin juga jadi boros kalau injektor atau karburator gak rutin dibersihkan. Intinya banyak masalah yang bisa timbul kalau komponen tersebut kotor.

Sobat bisa menggunakan fitur Booking Service di aplikasi OTOMOTO Indonesia untuk menjadwalkan waktu dan tempat servis di bengkel terdekat dari lokasi Kamu. Tidak usah khawatir, semua bengkel mitra OTOMOTO terjamin kualitasnya. Ada beragam promo dari OTOMOTO dan mitra bengkel yang kamu dapatkan, jadi lebih banyak untungnya.

Posted on February 13, 2023
Cara Membersihkan Jas Hujan Biar Awet dan Bebas Apek
Cara Membersihkan Jas Hujan Biar Awet dan Bebas Apek

Setelah digunakan untuk menembus hujan, Sobat mesti membersihkan jas hujan. Tidak dibenarkan langsung melipat dan menyimpan jas hujan dalam keadaan basah.

Bau apek akan timbul pada jas hujan yang disimpan tanpa dibersihkan terlebih dahulu. Selain itu, air hujan bisa bikin lengket sehingga benda penangkal hujan itu rentan robek ketika dibuka.

Cara membersihkan jas hujan tidak sulit. Material anti air membuat bawaan wajib pemotor di musim hujan itu mudah dicuci dan dikeringkan.

1. Bersihkan dengan Kanebo/sikat gigi

Gunakan kanebo untuk menyeka sisa-sisa hujan yang masih menempel. Setelah itu bilas dengan air bersih agar permukaannya tidak lengket.

Kalau ada kotoran yang membandel, gunakan sikat gigi untuk menghilangkannya. Sikat perlahan agar material tidak rusak, sampai kotoran hilang.

2. Gunakan sabun cair

Jika merasa mengelap dengan kanebo belum cukup, gunakan sabun cair untuk mencuci jas hujan. Bisa sabun pencuci piring, sabun mandi, atau deterjen cair. Cuci menggunakan lap halus atau sikat gigi sampai semua kotoran hilang.

3. Keringkan

Mengeringkan jas hujan dapat dilakukan dengan lap bersih atau kanebo saja. Tidak disarankan menjemur di bawah pancaran sinar matahari langsung karena membuat bahan jadi terlalu kering dan cepat getas. Setelah dilap, gantung jas hujan di tempat yang terkena angin untuk membantu mengeringkan.

4. Lipat Rapih

Selepas jas hujan kering, lipat dengan rapih agar muat disimpan di bagasi atau box motor. Jangan paksakan melipat jas hujan terlalu kecil agar tidak merusak sambungan dan materialnya.

5. Gunakan Penutup

Agar jas hujan tidak terkena kotoran di bagasi motor, simpan di dalam kantong plastik atau sejenisnya. Dengan begitu jas hujan tetap kering dan bersih saat disimpan.

Oh ya, sebaiknya Sobat pilih jas hujan model setelan. Model ponco memang ringkas untuk dikenakan dan bisa digunakan untuk boncengan, tapi ukurannya yang lebar dan panjang membuatnya bisa menjuntai ke bawah dan tersangkut di rantai motor. Model ponco juga kerap menutupi lampu belakang motor. Jadi bahaya kan, pengendara lain gak bisa melihat isyarat lampu.


Posted on February 13, 2023
Menakar Biaya Perbaikan Motor Terendam Banjir
Menakar Biaya Perbaikan Motor Terendam Banjir

Air yang masuk ke dalam motor dapat merusak komponen kelistrikan dan mesin motor. Karena itu, sebaiknya motor yang terendam banjir langsung diangkut ke bengkel untuk diidentifikasi kerusakannya.

Jika kerusakan tidak begitu luas, masih bisa diatasi dengan servis ringan. Sementara itu, apabila mesin sudah bermasalah, harus dilakukan servis besar atau umumnya disebut turun mesin untuk diperbaiki dan diganti sparepart yang rusak.

Mengutip kompas.com, biaya servis ringan motor Honda di bengkel AHASS berkisar Rp 90.000 sampai Rp 150.000 (tergantung jenis motor). Sedangkan untuk servis besar mesin, dikenakan tarif jasa mulai Rp 250.000 hingga Rp 300.000, belum termasuk penggantian sparepart.

Untuk biaya servis motor Yamaha, seperti yang diberlakukan di bengkel Yamaha FPS Ulujami, mulai Rp 55.000 sampai Rp 120.000. Adapun biaya servis besar untuk perbaikan mesin keseluruhan dipatok harganya mulai dari Rp 300.000 untuk motor bebek dan matic reguler, Rp 350.000 untuk Maxi Series, Rp 400.000 untuk motor sport kapasitas mesin 155 cc atau lebih kecil, dan Rp 450.000 motor sport kapasitas 155 cc ke atas.

Ada beberapa sparepart yang wajib diganti setelah motor terendam banjir, yakni filter udara, busi, oli mesin, dan oli gardan (untuk motor matic). Harga filter udara original untuk motor Honda dan Yamaha jenis matic, cub, dan sport berkisar dari Rp 20 ribuan hingga Rp 120 ribuan.

Harga busi standar motor bervariasi dari Rp 15 ribu hingga Rp 80 ribu. Selanjutnya, harga oli mesin standar ukuran 0.8 ml sampai 1,2 liter rentang harganya mulai dari Rp 35 ribu sampai Rp 100 ribu.

Kepala Bengkel Yamaha FPS Motor Zul Effendi menjelaskan, proses penangan motor terkena banjir sama dengan mekanisme servis biasa. Saat datang ke bengkel, motor akan diperiksa kondisinya oleh mekanik. Setelah itu, dapat diketahui masalah yang terjadi dan estimasi biaya perbaikannya.

"Kena banjir atau pun tidak, tetap melalui SOP perawatan awal," tegas Zul saat dihubungi OTOMOTO Indonesia, Jumat (3/1).

Perawatan motor yang terkena banjir hendaknya dilakukan secara menyeluruh. Pemeriksaan ulang penting untuk dijalankan beberapa hari setelah perbaikan selesai.

"Setelah melakukan perbaikan di bengkel, seharusnya kembali lagi untuk dicek ulang. Biasanya, seminggu setelah diperbaiki," jelas Kepala Mekanik AHASS Daya Adicipta Motora (DAM), Wahyudin dikutip kompas.com.

"Minimal oli mesin dan oli gardan diganti lagi. Selain itu, dilakukan juga pengecekan pembakaran di busi," saran Wahyudin.

Sobat yang ingin melakukan Pengecekan kondisi motor anda karena banjir atau alasan apapun dapat menggunakan Jasa Inspeksi Otomoto melalui link berikut: Klik Disini

Posted on February 13, 2023
Ini Syarat dan Prosedur Gadai BPKB Mobil
Ini Syarat dan Prosedur Gadai BPKB Mobil

Ada beragam produk pinjaman tunai yang diberikan bank dan perusahaan pembiayaan, salah satunya gadai BPKB mobil. Jenis pinjaman tersebut memungkinkan pemilik mobil mendapatkan pinjaman tapi tetap bisa menggunakan mobilnya. Sebab, hanya BPKB yang dijadikan jaminan.

Sebelum mendapatkan pinjaman, ada sejumlah persyaratan dan tahapan yang mesti dilewati oleh peminjam. Nah, berikut ini kita ulas proses- proses untuk bisa mendapatkan pinjaman dengan gadai BPKB mobil.


1. Pengajuan Data


Pihak bank atau leasing akan meminta sejumlah data kepada calon kreditur. Pada umumnya, data yang dibutuhkan meliputi KTP, kartu keluarga, slip gaji, dan tentunya fotokopi STNK dan BPKB mobil.


Berikan data-data yang sesuai dan jangan dimanipulasi. Sebab, bank dan leasing akan memverifikasi kebenaran data tersebut.


2. Verifikasi Data


Setelah semua data dilengkapi, pemberi pinjaman akan meninjau data tersebut untuk mengukur kelayakan kreditur. Akan ada surveyor yang datang ke rumah calon peminjam untuk memastikan kecocokan tempat tinggal dengan data yang sudah diberikan.


Biasanya, bank dan leasing juga akan meminta konfirmasi dari perusahaan tempat peminjam bekerja jika berprofesi sebagai karyawan. Rekam jejak perbankan turut dipertimbangkan. Apabila peminjam punya riwayat perbankan buruk, akan mengurangi peluang mendapatkan pinjaman.


3. Cek Kondisi Mobil


Nilai pinjaman yang akan diberikan dihitung berdasarkan harga jual mobil yang dijadikan jaminan. Karena itu, pemeriksaan kondisi mobil dijadikan prosedur wajib sebelum menyetujui pinjaman.


Pemberi pinjaman punya perhitungan sendiri harga setiap jenis mobil berdasarkan kondisinya. Dari hasil pemeriksaan, akan ditentukan nilai maksimal pinjaman yang dapat diberikan.


4. Konfirmasi


Setelah nilai pinjaman ditentukan, bank atau perusahaan pembiayaan akan menginformasikan kepada peminjam, termasuk nilai angsuran berdasarkan tenor yang dipilih. Peminjam punya kesempatan untuk menerima atau menolak penawaran yang diberikan tersebut.


Jika menerima jumlah pinjaman yang ditawarkan, jangan lupa tanyakan ketentuan mengenai biaya-biaya lainnya. Seperti, biaya administrasi, asuransi, dan sebagainya. Pastikan kembali nominal pasti yang akan diterima.


5. Pencairan Pinjaman


Kalau semua tahapan sudah dilewati dan pinjaman disetujui, Sobat tinggal tanda tangan untuk pencairan pinjaman. Baca dengan teliti ya semua perjanjian pinjaman. Jangan lupa juga untuk bayar cicilan tepat waktu.


Untuk Sobat yang ingin mendapatkan dengan jaminan BPKB mobil/ motor, bisa mengajukan layanan Loan Via Whatsapp CS OTOMOTO. Prosesnya mudah dan cepat, cukup masukkan data dari smartphone saja, lalu pengajuan akan diproses.


Posted on February 13, 2023
3 Tanda Van Belt Motor Rusak
3 Tanda Van Belt Motor Rusak


Motor matic adalah pilihan terbaik dibanding motor bebek ataupun motor kopling. Beberapa kelebihannya adalah mudah dikendarai, tapi perlu diketahui untuk pemeliharaan juga cukup sulit, termasuk pada van belt. Kenali tanda van belt motor rusak karena bisa saja putus seketika.

Motor matic harus ada pemeliharaan dengan baik. Termasuk disini untuk part van belt atau vbelt memang harus diperhatikan. Apalagi fungsi atau kegunaannya sebagai penghubung mesin roda memang sangat penting. Jadi kalau fungsi tidak maksimal, bakal berpengaruh pada motor. Kalau van belt pada motor Anda ternyata putus, maka motor tidak mungkin bisa jalan meski mesinnya sudah hidup. Memang sama sekali tidak berbeda dengan rantai putus. Tentu saja tadinya kita mau pergi malahan tidak bisa menggunakan motor kesayangan kita.

Berikut adalah 3 tanda van belt motor rusak dan harus diganti :

Untuk tanda atau ciri pertama yang bisa kita lihat yaitu van belt motor sudah mulai retak. Bisa dibilang ini memang ciri fisiknya sangat terlihat. Nantinya Anda juga bisa melihat ada lekukan mirip huruf v bergerigi. Lekukan ini sendiri kelihatan jelas, jadi bisa Anda perhatikan dengan baik. Nantinya Anda harus lihat di setiap bagiannya. Kalau sudah retak, maka wajib langsung diganti. Pergantian ini memang lebih baik dibandingkan membiarkan selama beberapa waktu. Karena kalau sudah retak walaupun hanya sedikit saja, akan tetapi kemungkinan malahan bisa putus waktu digunakan.

Tanda selanjutnya yaitu adanya tarikan motor berkurang bahkan ngempos. Untuk tanda ini sendiri akan membuat tarikan motor benar-benar berkurang. Meskipun Anda tarik dengan benar, tidak akan mungkin bisa berjalan. Jadinya harus dibawa menuju ke bengkel terdekat untuk diganti.

Memang kalau kualitas van belt motor sudah sangat berkurang, maka akselerasi semakin buruk, motor pun jadi ngempos. Proses sampai motor ngempos sendiri tentunya tidak akan berjalan begitu saja, maka dari itu sebelumnya perlu Anda jaga supaya hasilnya tidak buruk di kemudian hari. Bila perlu gantilah van belt motor setelah kelipatan jarak motor 15.000 km. Untuk pergantian harus sesuai dengan penggunaan. Memang waktu 15.000 km merupakan waktu yang paling tepat untuk kita pakai sebagai waktu yang tepat. Karena hal ini akan dapat menjaga mesin vbelt pada motor Anda.

Dalam penggunaan motor paling tidak 15.000 km harus segera diganti vbelt memang sudah disesuaikan sama penggunaan sebelumnya. Dalam waktu ini sendiri Anda juga bisa melakukan perawatan terhadap spare part yang lain. Jadi Anda bisa memiliki motor yang di jaga selalu.

Kalau memang motor digunakan setiap hari, harus diperiksa atau di rawat dengan baik. Perawatan ini sendiri juga memang telah wajib Anda lakukan. Jika perawatan terlalu jarang atau bahkan tidak ada sama sekali, maka kemudian membuat motor Anda jadi rusak. Kemudian tidak akan bisa kita gunakan kembali.

Untuk proses perawatan motor ini saya sarankan Anda untuk segera saja langsung menuju tempat servis terdekat sesuai dengan merk motor matic Anda. Kalaupun mau servis ke bukan bengkel resmi, tetap Anda harus memperhatikan semua perawatan atau pergantian sparepart semuanya asli.

Penggunaan spare part yang palsu sendiri akan membuat motor Anda segera rusak karena bukan asli. Selain itu malahan buang uang karena akan rusak terlalu cepat. Itulah bahasan mengenai cara melihat tanda van belt motor harus segera diganti. Semoga bermanfaat.


Posted on February 13, 2023