chat-icon Chat Sekarang
burger-icon

Our Blog

Masalah Ini Bikin CVT Motor Matic Berdecit
Posted on April 18, 2022

Masalah Ini Bikin CVT Motor Matic Berdecit

CVT motor matic berdecit kerap terjadi. Bunyi itu muncul saat motor mulai berakselerasi. Cari tahu yuk, dari mana bunyi itu berasal?

Usut punya usut, ternyata CVT motor matic berdecit seperti tikus itu bersumber dari gerakan kampas kopling yang sudah tipis. Ketika sepatu kampas menipis, ada bagian di mangkok kopling yang tergerus dan bentuknya menjadi tidak rata. Bagian yang tidak rata itu membuat kampas rem selip lalu menimbulkan bunyi gesek berdecit.

Buat mengatasi perkara tersebut, pemilik motor punya dua pilihan. Pertama, memodifikasi mangkok kopling dengan cara dibubut untuk memperbaiki bagian yang renggang. Namun, cara ini tidak efektif, karena mangkok ganda akan kembali bermasalah setelah pemakaian beberapa waktu. Solusi kedua, yaitu mengganti mangkok dan kampas kopling.

Di pasaran, bisa ditemukan berbagai pilihan mangkok dan kampas kopling. Mulai dari produk imitasi alias KW, orisinal pabrik, atau aftermarket.

Biasanya, produsen aftermarket membuat kampas kopling dengan material berbeda dari orisinal, yang diklaim lebih tahan lama. Ada beberapa jenis material sepatu kampas yang jamak digunakan produk aftermarket, antara lain, kevlar, rockwoll, dan keramik.

Setiap jenis material punya keunggulan tersendiri. Kevlar dianggap lebih tahan lama karena elastis, lalu keramik yang diformulasi khusus mampu memberikan gaya gesek optimal sehingga akselerasi motor lebih baik. Sementara, bahan rockwoll punya keunggulan tahan suhu panas sehingga usia pakainya lebih Panjang.

Sobat bisa memilih jenis material kampas kopling paling sesuai kebutuhan. Kalau mau aman, pilih yang orisinal. Tapi kalau mau meningkatkan performa, bisa pilih produk aftermarket. Nah, kalau produk imitasi sih sangat tidak direkomendasikan, karena kualitasnya yang tidak jelas dan daya tahannya relatif pendek, dan akhirnya bunyi berdecit CVT motor matic terjadi lagi.

Read more
Masalah Ini Bikin CVT Motor Matic Berdecit
Masalah Ini Bikin CVT Motor Matic Berdecit

CVT motor matic berdecit kerap terjadi. Bunyi itu muncul saat motor mulai berakselerasi. Cari tahu yuk, dari mana bunyi itu berasal?

Usut punya usut, ternyata CVT motor matic berdecit seperti tikus itu bersumber dari gerakan kampas kopling yang sudah tipis. Ketika sepatu kampas menipis, ada bagian di mangkok kopling yang tergerus dan bentuknya menjadi tidak rata. Bagian yang tidak rata itu membuat kampas rem selip lalu menimbulkan bunyi gesek berdecit.

Buat mengatasi perkara tersebut, pemilik motor punya dua pilihan. Pertama, memodifikasi mangkok kopling dengan cara dibubut untuk memperbaiki bagian yang renggang. Namun, cara ini tidak efektif, karena mangkok ganda akan kembali bermasalah setelah pemakaian beberapa waktu. Solusi kedua, yaitu mengganti mangkok dan kampas kopling.

Di pasaran, bisa ditemukan berbagai pilihan mangkok dan kampas kopling. Mulai dari produk imitasi alias KW, orisinal pabrik, atau aftermarket.

Biasanya, produsen aftermarket membuat kampas kopling dengan material berbeda dari orisinal, yang diklaim lebih tahan lama. Ada beberapa jenis material sepatu kampas yang jamak digunakan produk aftermarket, antara lain, kevlar, rockwoll, dan keramik.

Setiap jenis material punya keunggulan tersendiri. Kevlar dianggap lebih tahan lama karena elastis, lalu keramik yang diformulasi khusus mampu memberikan gaya gesek optimal sehingga akselerasi motor lebih baik. Sementara, bahan rockwoll punya keunggulan tahan suhu panas sehingga usia pakainya lebih Panjang.

Sobat bisa memilih jenis material kampas kopling paling sesuai kebutuhan. Kalau mau aman, pilih yang orisinal. Tapi kalau mau meningkatkan performa, bisa pilih produk aftermarket. Nah, kalau produk imitasi sih sangat tidak direkomendasikan, karena kualitasnya yang tidak jelas dan daya tahannya relatif pendek, dan akhirnya bunyi berdecit CVT motor matic terjadi lagi.

Posted on April 18, 2022
3 Tanda Van Belt Motor Rusak
3 Tanda Van Belt Motor Rusak

Motor matic adalah pilihan terbaik dibanding motor bebek ataupun motor kopling. Beberapa kelebihannya adalah mudah dikendarai, tapi perlu diketahui untuk pemeliharaan juga cukup sulit, termasuk pada van belt. Kenali tanda van belt motor rusak karena bisa saja putus seketika.

Part van belt atau vbelt memang harus diperhatikan. Apalagi fungsi atau kegunaannya sebagai penghubung mesin roda memang sangat penting. Jadi kalau fungsi tidak maksimal, bakal berpengaruh pada motor. Kalau van belt pada motor Anda ternyata putus, maka motor tidak mungkin bisa jalan meski mesinnya sudah hidup. Memang sama sekali tidak berbeda dengan rantai putus. Tentu saja tadinya kita mau pergi malahan tidak bisa menggunakan motor kesayangan kita.


Berikut adalah 3 tanda van belt motor rusak dan harus diganti :

Untuk tanda atau ciri pertama yang bisa kita lihat yaitu van belt motor sudah mulai retak. Bisa dibilang ini memang ciri fisiknya sangat terlihat. Nantinya Anda juga bisa melihat ada lekukan mirip huruf v bergerigi. Lekukan ini sendiri kelihatan jelas, jadi bisa Anda perhatikan dengan baik. Nantinya Anda harus lihat di setiap bagiannya. Kalau sudah retak, maka wajib langsung diganti. Pergantian ini memang lebih baik dibandingkan membiarkan selama beberapa waktu. Karena kalau sudah retak walaupun hanya sedikit saja, akan tetapi kemungkinan malahan bisa putus waktu digunakan.

Tanda selanjutnya yaitu adanya tarikan motor berkurang bahkan ngempos. Untuk tanda ini sendiri akan membuat tarikan motor benar-benar berkurang. Meskipun Anda tarik dengan benar, tidak akan mungkin bisa berjalan. Jadinya harus dibawa menuju ke bengkel terdekat untuk diganti.

Memang kalau kualitas van belt motor sudah sangat berkurang, maka akselerasi semakin buruk, motor pun jadi ngempos. Proses sampai motor ngempos sendiri tentunya tidak akan berjalan begitu saja, maka dari itu sebelumnya perlu Anda jaga supaya hasilnya tidak buruk di kemudian hari. Bila perlu gantilah van belt motor setelah kelipatan jarak motor 15.000 km. Untuk pergantian harus sesuai dengan penggunaan. Memang waktu 15.000 km merupakan waktu yang paling tepat untuk kita pakai sebagai waktu yang tepat. Karena hal ini akan dapat menjaga mesin vbelt pada motor Anda.

Dalam penggunaan motor paling tidak 15.000 km harus segera diganti vbelt memang sudah disesuaikan sama penggunaan sebelumnya. Dalam waktu ini sendiri Anda juga bisa melakukan perawatan terhadap spare part yang lain. Jadi Anda bisa memiliki motor yang di jaga selalu.

Kalau memang motor digunakan setiap hari, harus diperiksa atau di rawat dengan baik. Perawatan ini sendiri juga memang telah wajib Anda lakukan. Jika perawatan terlalu jarang atau bahkan tidak ada sama sekali, maka kemudian membuat motor Anda jadi rusak. Kemudian tidak akan bisa kita gunakan kembali.

Untuk proses perawatan motor ini, Andalangsung menuju tempat servis terdekat sesuai dengan merk motor matic Anda. Kalaupun mau servis ke bukan bengkel resmi, tetap Anda harus memperhatikan semua perawatan atau pergantian spare part semuanya asli.

Penggunaan spare part yang palsu sendiri akan membuat motor Anda segera rusak karena bukan asli. Selain itu malahan buang uang karena akan rusak terlalu cepat. Itulah bahasan mengenai cara melihat tanda van belt motor harus segera diganti. Semoga bermanfaat.

Posted on March 25, 2022
Servis Motor Terkena Banjir
Servis Motor Terkena Banjir

Air yang masuk ke dalam motor dapat merusak komponen kelistrikan dan mesin motor. Karena itu, sebaiknya motor yang terendam banjir langsung diangkut ke bengkel untuk diidentifikasi kerusakannya.

Jika kerusakan tidak begitu luas, masih bisa diatasi dengan servis ringan. Sementara itu, apabila mesin sudah bermasalah, harus dilakukan servis besar atau umumnya disebut turun mesin untuk diperbaiki dan diganti sparepart yang rusak.

Mengutip kompas.com, biaya servis ringan motor Honda di bengkel AHASS berkisar Rp 90.000 sampai Rp 150.000 (tergantung jenis motor). Sedangkan untuk servis besar mesin, dikenakan tarif jasa mulai Rp 250.000 hingga Rp 300.000, belum termasuk penggantian sparepart.

Untuk biaya servis motor Yamaha, seperti yang diberlakukan di bengkel Yamaha FPS Ulujami, mulai Rp 55.000 sampai Rp 120.000. Adapun biaya servis besar untuk perbaikan mesin keseluruhan dipatok harganya mulai dari Rp 300.000 untuk motor bebek dan matic reguler, Rp 350.000 untuk Maxi Series, Rp 400.000 untuk motor sport kapasitas mesin 155 cc atau lebih kecil, dan Rp 450.000 motor sport kapasitas 155 cc ke atas.

Ada beberapa sparepart yang wajib diganti setelah motor terendam banjir, yakni filter udara, busi, oli mesin, dan oli gardan (untuk motor matic). Harga filter udara original untuk motor Honda dan Yamaha jenis matic, cub, dan sport berkisar dari Rp 20 ribuan hingga Rp 120 ribuan.

Harga busi standar motor bervariasi dari Rp 15 ribu hingga Rp 80 ribu. Selanjutnya, harga oli mesin standar ukuran 0.8 ml sampai 1,2 liter rentang harganya mulai dari Rp 35 ribu sampai Rp 100 ribu.

Kepala Bengkel Yamaha FPS Motor Zul Effendi menjelaskan, proses penangan motor terkena banjir sama dengan mekanisme servis biasa. Saat datang ke bengkel, motor akan diperiksa kondisinya oleh mekanik. Setelah itu, dapat diketahui masalah yang terjadi dan estimasi biaya perbaikannya.

"Kena banjir atau pun tidak, tetap melalui SOP perawatan awal," tegas Zul saat dihubungi OTOMOTO Indonesia, Jumat (3/1).

Perawatan motor yang terkena banjir hendaknya dilakukan secara menyeluruh. Pemeriksaan ulang penting untuk dijalankan beberapa hari setelah perbaikan selesai.

"Setelah melakukan perbaikan di bengkel, seharusnya kembali lagi untuk dicek ulang. Biasanya, seminggu setelah diperbaiki," jelas Kepala Mekanik AHASS Daya Adicipta Motora (DAM), Wahyudin dikutip kompas.com.

"Minimal oli mesin dan oli gardan diganti lagi. Selain itu, dilakukan juga pengecekan pembakaran di busi," saran Wahyudin.


Posted on March 29, 2022
Ini Syarat dan Prosedur Gadai BPKB Mobil & Motor
Ini Syarat dan Prosedur Gadai BPKB Mobil & Motor

Ada beragam produk pinjaman tunai yang diberikan bank dan perusahaan pembiayaan, salah satunya gadai BPKB kendaraan. Jenis pinjaman tersebut memungkinkan pemilik mobil atau motor mendapatkan pinjaman tapi tetap bisa menggunakan mobilnya. Sebab, hanya BPKB yang dijadikan jaminan.

Sebelum mendapatkan pinjaman, ada sejumlah persyaratan dan tahapan yang mesti dilewati oleh peminjam. Nah, berikut ini kita ulas proses- proses untuk bisa mendapatkan pinjaman dengan gadai BPKB mobil atau gadai BPKB Motor.


1. Pengajuan Data

Pihak bank atau leasing akan meminta sejumlah data kepada calon kreditur. Pada umumnya, data yang dibutuhkan meliputi KTP, kartu keluarga, slip gaji, dan tentunya fotokopi STNK dan BPKB mobil.


Berikan data-data yang sesuai dan jangan dimanipulasi. Sebab, bank dan leasing akan memverifikasi kebenaran data tersebut.


2. Verifikasi Data

Setelah semua data dilengkapi, pemberi pinjaman akan meninjau data tersebut untuk mengukur kelayakan kreditur. Akan ada surveyor yang datang ke rumah calon peminjam untuk memastikan kecocokan tempat tinggal dengan data yang sudah diberikan.


Biasanya, bank dan leasing juga akan meminta konfirmasi dari perusahaan tempat peminjam bekerja jika berprofesi sebagai karyawan. Rekam jejak perbankan turut dipertimbangkan. Apabila peminjam punya riwayat perbankan buruk, akan mengurangi peluang mendapatkan pinjaman.


3. Cek Kondisi Kendaraan

Nilai pinjaman yang akan diberikan dihitung berdasarkan harga jual mobil dan motor yang dijadikan jaminan. Karena itu, pemeriksaan kondisi dijadikan prosedur wajib sebelum menyetujui pinjaman.


Pemberi pinjaman punya perhitungan sendiri harga setiap jenis mobil dan motor berdasarkan kondisinya. Dari hasil pemeriksaan, akan ditentukan nilai maksimal pinjaman yang dapat diberikan.


4. Konfirmasi

Setelah nilai pinjaman ditentukan, bank atau perusahaan pembiayaan akan menginformasikan kepada peminjam, termasuk nilai angsuran berdasarkan tenor yang dipilih. Peminjam punya kesempatan untuk menerima atau menolak penawaran yang diberikan tersebut.


Jika menerima jumlah pinjaman yang ditawarkan, jangan lupa tanyakan ketentuan mengenai biaya-biaya lainnya. Seperti, biaya administrasi, asuransi, dan sebagainya. Pastikan kembali nominal pasti yang akan diterima.


5. Pencairan Pinjaman

Kalau semua tahapan sudah dilewati dan pinjaman disetujui, Sobat tinggal tanda tangan untuk pencairan pinjaman. Baca dengan teliti ya semua perjanjian pinjaman. Jangan lupa juga untuk bayar cicilan tepat waktu.


Untuk Sobat yang ingin mendapatkan dengan jaminan BPKB mobil, bisa mengajukan layanan Loan dari OTOMOTO Indonesia. Prosesnya mudah dan cepat, cukup masukkan data dari smartphone saja, lalu pengajuan diproses.


Cek: https://otomoto.id/dana-tunai

Posted on March 25, 2022
Menembus hujan, Sobat mesti membersihkan jas hujan!
Menembus hujan, Sobat mesti membersihkan jas hujan!

Bau apek akan timbul pada jas hujan yang disimpan tanpa dibersihkan terlebih dahulu. Selain itu, air hujan bisa bikin lengket sehingga benda penangkal hujan itu rentan robek ketika dibuka.

Cara membersihkan jas hujan tidak sulit. Material anti air membuat bawaan wajib pemotor di musim hujan itu mudah dicuci dan dikeringkan.

1. Bersihkan dengan Kanebo/sikat gigi

Gunakan kanebo untuk menyeka sisa-sisa hujan yang masih menempel. Setelah itu bilas dengan air bersih agar permukaannya tidak lengket.

Kalau ada kotoran yang membandel, gunakan sikat gigi untuk menghilangkannya. Sikat perlahan agar material tidak rusak, sampai kotoran hilang.

2. Gunakan sabun cair

Jika merasa mengelap dengan kanebo belum cukup, gunakan sabun cair untuk mencuci jas hujan. Bisa sabun pencuci piring, sabun mandi, atau deterjen cair. Cuci menggunakan lap halus atau sikat gigi sampai semua kotoran hilang.

3. Keringkan

Mengeringkan jas hujan dapat dilakukan dengan lap bersih atau kanebo saja. Tidak disarankan menjemur di bawah pancaran sinar matahari langsung karena membuat bahan jadi terlalu kering dan cepat getas. Setelah dilap, gantung jas hujan di tempat yang terkena angin untuk membantu mengeringkan.

4. Lipat Rapih

Selepas jas hujan kering, lipat dengan rapih agar muat disimpan di bagasi atau box motor. Jangan paksakan melipat jas hujan terlalu kecil agar tidak merusak sambungan dan materialnya.

5. Gunakan Penutup

Agar jas hujan tidak terkena kotoran di bagasi motor, simpan di dalam kantong plastik atau sejenisnya. Dengan begitu jas hujan tetap kering dan bersih saat disimpan.

Oh ya, sebaiknya Sobat pilih jas hujan model setelan. Model ponco memang ringkas untuk dikenakan dan bisa digunakan untuk boncengan, tapi ukurannya yang lebar dan panjang membuatnya bisa menjuntai ke bawah dan tersangkut di rantai motor. Model ponco juga kerap menutupi lampu belakang motor. Jadi bahaya kan, pengendara lain gak bisa melihat isyarat lampu.

Posted on April 22, 2022