Setelah digunakan untuk menembus hujan, Sobat mesti membersihkan jas hujan. Tidak dibenarkan langsung melipat dan menyimpan jas hujan dalam keadaan basah.

Bau apek akan timbul pada jas hujan yang disimpan tanpa dibersihkan terlebih dahulu. Selain itu, air hujan bisa bikin lengket sehingga benda penangkal hujan itu rentan robek ketika dibuka.

Cara membersihkan jas hujan tidak sulit. Material anti air membuat bawaan wajib pemotor di musim hujan itu mudah dicuci dan dikeringkan.

1. Bersihkan dengan Kanebo/sikat gigi

Gunakan kanebo untuk menyeka sisa-sisa hujan yang masih menempel. Setelah itu bilas dengan air bersih agar permukaannya tidak lengket.

Kalau ada kotoran yang membandel, gunakan sikat gigi untuk menghilangkannya. Sikat perlahan agar material tidak rusak, sampai kotoran hilang.

2. Gunakan sabun cair

Jika merasa mengelap dengan kanebo belum cukup, gunakan sabun cair untuk mencuci jas hujan. Bisa sabun pencuci piring, sabun mandi, atau deterjen cair. Cuci menggunakan lap halus atau sikat gigi sampai semua kotoran hilang.

3. Keringkan

Mengeringkan jas hujan dapat dilakukan dengan lap bersih atau kanebo saja. Tidak disarankan menjemur di bawah pancaran sinar matahari langsung karena membuat bahan jadi terlalu kering dan cepat getas. Setelah dilap, gantung jas hujan di tempat yang terkena angin untuk membantu mengeringkan.

4. Lipat Rapih

Selepas jas hujan kering, lipat dengan rapih agar muat disimpan di bagasi atau box motor. Jangan paksakan melipat jas hujan terlalu kecil agar tidak merusak sambungan dan materialnya.

5. Gunakan Penutup

Agar jas hujan tidak terkena kotoran di bagasi motor, simpan di dalam kantong plastik atau sejenisnya. Dengan begitu jas hujan tetap kering dan bersih saat disimpan.

Oh ya, sebaiknya Sobat pilih jas hujan model setelan. Model ponco memang ringkas untuk dikenakan dan bisa digunakan untuk boncengan, tapi ukurannya yang lebar dan panjang membuatnya bisa menjuntai ke bawah dan tersangkut di rantai motor. Model ponco juga kerap menutupi lampu belakang motor. Jadi bahaya kan, pengendara lain gak bisa melihat isyarat lampu.

, , , ,