Perangkat rem cakram, terutama yang terpasang di roda depan sangat vital fungsinya. Masalah pada rem cakram bisa mengakibatkan bahaya akibat motor gagal mengerem dengan baik. Mengingat pentingnya fungsi komponen tersebut, Sobat perlu telaten merawat rem cakram. Ada beberapa cara merawat rem cakram yang bisa dilakukan di bengkel, atau dilakukan sendiri di rumah jika Sobat paham cara melakukannya.

Perawatan utama untuk rem cakram, yaitu menambah atau mengganti minyak rem. Jika volume minyak rem sudah berkurang signifikan segera tambahkan dengan minyak rem yang spesifikasinya sesuai anjuran pabrik. Tapi, apabila warna minyak rem sudah sangat keruh, sebaiknya langsung dikuras supaya gak merusak master rem.

Selain itu, wajib hukumnya membersihkan bagian-bagian kaliper rem secara rutin. Karena kaliper berada di bawah, sudah pasti banyak kotoran debu, pasir, atau lumpur saat hujan yang masuk ke dalam kaliper.

Membersihkan kaliper rem itu bisa dibilang gampang gampang susah, Sob. Tapi, asal telaten dan sabar, bisa kok bersihkan sendiri kaliper di rumah, itung-itung ngisi waktu nunggu waktu maghrib.

Caranya, Sobat perlu mencopot kabel rem dan melepas baut dudukan kaliper yang menempel di shock breaker pakai kunci bintang. Setelah terlepas, tinggal keluarkan kampas rem dari kaliper, supaya mudah membersihkannya.

Mulai bersihkan kampas rem pakai sikat kawat dengan air sabun, buat melepaskan kotoran-kotoran yang menempel. Pelan-pelan ya menyikatnya, jangan sampai bikin permukaan kampas rem rusak atau menipis.

Selesai membersihkan kampas rem, lanjut ke bagian piston kaliper. Agar bersihnya maksimal, keluarkan piston dari kaliper menggunakan tang. Jadi, Sobat bisa membersihkan bagian dalam kaliper. Hilangkan kotoran menggunakan air bersih dan kain lap. Bersihkan sampai benar-benar kering. Sebelum memasang kembali piston dan rem. Jangan sampai masih ada air di dalam kaliper, karena bisa mengganggu kerja minyak rem.

Biar merawat rem cakram lebih afdol, oleskan grease di bracket kaliper agar rem gak seret. Jika semua bagian sudah bersih, pasang kembali kaliper dengan benar. Perhatkan posisi besi dan kawat pengait kampas rem, serta kekencangan baut pengunci braket supaya aman.

, , , ,