Keadaan suspensi berpengaruh banget sama kenyamanan sepeda motor. Suspensi yang sudah jelek, selain enggak bisa menahan bantingan, juga bikin motor enggak stabil. Coba saja kalau suspensi enggak bagus, motor gampang oleng.

Jangan dianggap suspensi motor enggak perlu dirawat. Nih OTOMOTO kasih beberapa cara merawat suspensi biar bantingannya tetap enak.

1. Hindari jalan bergelombang

Fungsi utama suspensi tentunya meredam getaran. Tapi, setiap suspensi punya batas kemampuan peredaman. Jangan mentang-mentang suspensi masih enak, terus dihajar aja tanggul atau lobang seenaknya.

Saat motor menghantam bagian jalan yang tidak rata dalam kecepatan tinggi, suspensi mendapatkan tekanan sangat kuat. Kalau tekanannya berlebihan bakal mengakibatkan kerusakan, seperti oli suspensi depan bocor karena seal rusak atau per pada suspensi belakang jadi bengkok.

2. Rutin bersihkan suspensi

Cara merawat suspensi yang mudah, yaitu dibersihkan dari debu atau kotoran yang menempel. Kalau tidak rajin dibersihkan, kotoran bisa masuk ke sela-sela dan mengotori oli suspensi. Kalau sudah begitu, kelenturan suspensi akan berkurang.

3. Jangan melebihi kapasitas beban

Suspensi punya batas beban maksimal yang bisa ditopang. Makanya, kalau kelebihan beban, suspensi bakal sangat tertekan dan akhirnya rusak.

Kalau mau bawa barang, sebenarnya boleh saja. Tapi Sobat harus mengukur kemampuan angkut motor dengan bobot barang. Selain itu, jangan menumpuk beban pada bagian depan atau belakang saja, supaya beban tidak bertumpu pada salah satu suspensi.

Membawa penumpang lebih dari satu pun bakal merusak suspensi, khususnya shock breaker belakang.

4. Rutin ganti oli suspensi

Suspensi depan motor perlu diganti oli secara rutin pada rentang jarak tertentu (tergantung anjuran pabrik dan cara pemakaian). Oli suspensi bisa berkurang atau mengental setelah lama dipakai, makanya perlu diganti, Sobat.

Seperti pelumas mesin, oli suspensi juga punya spesifikasi yang menentukan tingkat kekentalan. Makanya jangan asal beli oli suspensi. Kalau enggak cocok, peredaman jadinya kurang maksimal.

Sobat bisa konsultasi sama mekanik soal karakter suspensi yang diinginkan. Dengan begitu, mekanik akan menyesuaikan volume oli suspensi agar sesuai dengan yang sobat mau.(YP/CS)

 

, , , ,