Melakukan Over kredit adalah solusi bagi pemilik motor yang mau menjual motor yang belum lunas cicilannya. Mesti dipahami, cara over kredit motor ini tidak seperti menjual motor yang sudah jadi hak milik sepenuhnya.

Jangan sampai menyepelekan cara over kredit motor resmi dari leasing yang akhirnya jadi masalah. Motor sudah dipindah tangan, tapi leasing masih menagih ke pemilik yang sebelumnya. Urusannya sama hukum lho, Sob.

Pahamin nih, beberapa hal yang mesti dijalankan untuk over kredit motor.

  1. Datang ke leasing Bersama calon pembeli

Setelah mendapatkan calon penerus kredit motor kamu, langsung saja datang ke leasing. Pemilik motor dan orang yang mau take over diminta membuat surat pengajuan over kredit (ketentuan masing-masing leasing mungkin berbeda).

Selepas itu pihak leasing akan meminta data orang yang mau meneruskan kredit, seperti KK, KTP, buku tabungan, slip gaji/surat usaha. Seperti halnya pengajuan kredit motor biasa, leasing akan survey ke rumah orang yang mau meneruskan kredit. Kalau sudah disetujui leasing, baru serah terima unit.

  1. Jangan serah terima unit sebelum keputusan leasing

Ini jebakan yang mungkin ditemui pemilik motor yang mau over kredit. Calon pembeli minta motor diserahkan sebelum ada keputusan leasing, dengan perjanjian biaya take over langsung diberikan kepada pemilik motor.

Masalahnya, ada kemungkinan orang yang mau meneruskan kredit itu tidak memenuhi syarat untuk kredit. Karena pengajuan over kredit tidak disetujui, pihak leasing pun menganggap pemilik pertama yang masih bertanggung jawab dalam proses kredit.

Akan jadi masalah besar saat orang yang mengambil alih motor tidak membayar cicilan dan kabur. Pemilik awal lah yang harus menanggung risiko, sampai berurusan dengan hukum. Makanya jangan tergesa-gesa serah terima unit untuk mendapatkan uang dari orang yang mau over kredit motor.

  1. Pahami ketentuan over kredit dari leasing

Sebenarnya ini tahapan pertama saat mau melakukan over kredit. Tapi gak apa-apa kita tulis di akhir, supaya Sobat lebih fokus bacanya. Sebelum memasarkan motor untuk over kredit, cari tahu prosedur dan syarat over kredit dari leasing. Dokumen apa yang dibutuhkan, bagaimana tahapannya, dan berapa biayanya.

Itu dia Sob, apa saja yang harus dilakukan saat over kredit motor. Intinya cari informasi seakurat mungkin, dan jangan terburu-buru menyerahkan motor ke orang yang mau membayar motormu.

 

, , , ,