Indonesia sedang melewati musim kemarau panjang sejak beberapa bulan ke belakang. Selain menyebabkan kekeringan air, masalah lain saat hujan absen turun dalam waktu lama, yaitu debu jadi merajalela di jalanan. Repotnya, debu bisa merusak motor lho, Sob.

Debu yang bertebaran di jalanan dapat menimbulkan masalah pada motor. Karena, ada beberapa bagian motor yang rentan bermasalah akibat terpapar debu.

Nih Sob, kenali bagian yang bisa bermasalah akibat motor terlalu sering kena debu. Jangan sampai kamu baru paham begitu ada kerusakan.

1. Filter Udara

Semakin banyak volume debu yang terbawa oleh udara, filter udara menjadi lebih cepat kotor. Sobat harus rajin membersihkan filter udara saat musim kemarau seperti sekarang ini. Sebab, jika debu dibiarkan memenuhi filter, aliran udara ke silinder mesin akan terhambat yang berdampak terjadinya gejala brebet, bensin boros, dan tenaga melemah.

2. Suspensi

Debu dapat menyelinap masuk ke dalam suspensi dan belakang. Nantinya debu yang masuk akan mencemari oli suspensi. Hal itu bakal mengganggu kinerja dan perlahan merusak seal suspensi hingga terjadi kebocoran oli. Agar debu tidak menempel di suspensi,  Sobat tetap harus rajin membersihkan motor saat musim kemarau.

3. Kaliper rem cakram

Bagian motor yang juga bisa bermasalah karena terpaan debu, yaitu kaliper rem. Debu bisa masuk ke sela-sela piston kaliper. Kondisi seperti itu perlahan merusak seal piston kaliper dan mengontaminasi minyak rem. Akhirnya kaliper jadi seret.

Cara paling mudah untuk membersihkan debu di kaliper rem, yaitu dengan menyemprotkan air menggunakan selang. Tapi pelan-pelan menyemprotnya, supaya air gak sampai masuk ke celah piston. Kalau mau lebih aman, lepas kaliper lalu cuci dengan air dan lap bersih. Jangan lupa dikeringkan sebelum dipasang kembali.

, , , ,