Sinyal kemunculan skuter matik baru Honda mulai menyebar ke publik. Ada nama motor “Zoomer” yang terdaftar sebagai produk motor Honda di Website Samsat NJKB Provinsi DKI Jakarta.

Honda Zoomer adalah skutik ikonik Honda yang punya desain body “patah-patah”. Di Thailand, motor ini sudah dipasarkan sejak 2012. Belakangan, model terbaru Honda Zoomer X dirilis di Negeri Gajah Putih sejak Mei 2019.

Dimensinya terbilang kecil, panjang 1,8 meter, lebar 0,75 meter, dan tinggi 1 meter. Rodanya pun imut-imut, menggunakan pelek diameter 12 inci, namun ground clearance lumayan superior, menyentuh 316 mm. Stang model naked membuat motor ini terkesan lebih agresif.

Zoomer—versi Thailand—menggunakan mesin kapasitas 110 cc (pembulatan 108 cc) SOHC dengan sistem distiribusi injeksi bahan bakar (PGM-FI). Ukuran mesin yang cocok buat mobilitas harian di dalam kota.

Kaki-kaki adalah bagian yang istimewa dari Zoomer. Suspensi depannya model teleskopik inverted (upside down) sedangkan di belakang terpancang suspensi tunggal.

Keunikan pada Zoomer, yaitu mekanisme pembukaan jok yang dimiringkan ke sisi kanan, bukan ke depan. Selain itu, posisi mesin lebih mundur plus tidak ada cover penutup mesin seperti skutik pada umumnya. Rancangan tersebut membuat lebih banyak ruang yang terbuka untuk memasukkan barang ke bagasi bawah jok. Satu helm full face bisa dimuat di sana.

Menyoal harga, NJKB (Nilai Jual Kendaraan Bermotor) Zoomer yang tercantum di website Samsat PKB Jakarta yakni Rp 29,3 juta. Namun, harga on the road motor tersebut akan lebih mahal, mengingat ada biaya penerbitan dokumen dan pajak yang belum dimasukkan dalam perhitungan NJKB.

 

, , , ,