Ada beragam produk pinjaman tunai yang diberikan bank dan perusahaan pembiayaan, salah satunya gadai BPKB mobil. Jenis pinjaman tersebut memungkinkan pemilik mobil mendapatkan pinjaman tapi tetap bisa menggunakan mobilnya. Sebab, hanya BPKB yang dijadikan jaminan.

Sebelum mendapatkan pinjaman, ada sejumlah persyaratan dan tahapan yang mesti dilewati oleh peminjam. Nah, berikut ini kita ulas proses- proses untuk bisa mendapatkan pinjaman dengan gadai BPKB mobil.

1. Pengajuan Data

Pihak bank atau leasing akan meminta sejumlah data kepada calon kreditur. Pada umumnya, data yang dibutuhkan meliputi KTP, kartu keluarga, slip gaji, dan tentunya fotokopi STNK dan BPKB mobil.

Berikan data-data yang sesuai dan jangan dimanipulasi. Sebab, bank dan leasing akan memverifikasi kebenaran data tersebut.

2. Verifikasi Data

Setelah semua data dilengkapi, pemberi pinjaman akan meninjau data tersebut untuk mengukur kelayakan kreditur. Akan ada surveyor yang datang ke rumah calon peminjam untuk memastikan kecocokan tempat tinggal dengan data yang sudah diberikan.

Biasanya, bank dan leasing juga akan meminta konfirmasi dari perusahaan tempat peminjam bekerja jika berprofesi sebagai karyawan. Rekam jejak perbankan turut dipertimbangkan. Apabila peminjam punya riwayat perbankan buruk, akan mengurangi peluang mendapatkan pinjaman.

3. Cek Kondisi Mobil

Nilai pinjaman yang akan diberikan dihitung berdasarkan harga jual mobil yang dijadikan jaminan. Karena itu, pemeriksaan kondisi mobil dijadikan prosedur wajib sebelum menyetujui pinjaman.

Pemberi pinjaman punya perhitungan sendiri harga setiap jenis mobil berdasarkan kondisinya. Dari hasil pemeriksaan, akan ditentukan nilai maksimal pinjaman yang dapat diberikan.

4. Konfirmasi

Setelah nilai pinjaman ditentukan, bank atau perusahaan pembiayaan akan menginformasikan kepada peminjam, termasuk nilai angsuran berdasarkan tenor yang dipilih. Peminjam punya kesempatan untuk menerima atau menolak penawaran yang diberikan tersebut.

Jika menerima jumlah pinjaman yang ditawarkan, jangan lupa tanyakan ketentuan mengenai biaya-biaya lainnya. Seperti, biaya administrasi, asuransi, dan sebagainya. Pastikan kembali nominal pasti yang akan diterima.

5. Pencairan Pinjaman

Kalau semua tahapan sudah dilewati dan pinjaman disetujui, Sobat tinggal tanda tangan untuk pencairan pinjaman. Baca dengan teliti ya semua perjanjian pinjaman. Jangan lupa juga untuk bayar cicilan tepat waktu.

Untuk Sobat yang ingin mendapatkan dengan jaminan BPKB mobil, bisa mengajukan layanan Loan dari OTOMOTO Indonesia. Prosesnya mudah dan cepat, cukup masukkan data dari smartphone saja, lalu pengajuan diproses.

, , , ,