Motor yang Sobat punya, merupakan aset berharga yang memiliki nilai ekonomis tinggi. Saat butuh pinjaman tunai, Sobat bisa melakukan gadai bpkb motor ke perusahaan pembiayaan.

Gadai BPKB merupakan pilihan yang tepat untuk mendapatkan uang tanpa  harus menjual motor. Hanya dokumen kepemilikan yang dijadikan jaminan pinjaman.

Meskipun proses gadai BPKB terdengar mudah, Sobat harus cermat saat mengajukan pinjaman. Pelajari syarat pengajuan dan ketentuan yang diberikan perusahaan pembiayaan agar pinjaman disetujui.

Ini lho syarat pengajuan dan hal-hal yang mesti diperhatikan saat gadai BPKB motor:

1.Dokumen

Debitur akan meminta dokumen-dokumen penting sebagai bahan pertimbangan pengajuan pinjaman. Biasanya, data yang diminta meliputi identitas diri KTP, kartu keluarga, slip gaji atau surat usaha. Kemudian, surat-surat kendaraan yakni STNK dan BPKB.

Setelah semua persyaratan terpenuhi, pengajuan pinjaman akan diproses. Perusahaan pembiayaan punya kualifikasi untuk menentukan pemohon layak mendapatkan pinjaman.

2. Kondisi Motor

Perusahaan pembiayaan akan mempertimbangkan jumlah pinjaman berdasarkan kondisi motor. Jika kondisi motor bagus, kemungkinan mendapatkan nilai pinjaman maksimal semakin besar. Makanya, Sobat mesti merawat kondisi motor agar harganya tidak merosot.

Untuk menentukan nilai pinjaman, perusahaan pembiayaan akan melakukan proses taksasi. Dalam tahapan tersebut, motor akan dicek kondisinya dan ditaksir harga jualnya. Setelah itu, nilai pinjaman didapatkan dari persentase harga jual motor.

3. Profil Perusahaan Pembiayaan

Pastikan perusahaan pemberi pinjaman terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK), yang berarti bisnisnya legal dan sesuai dengan peraturan pemerintah. Jangan tergiur dengan iming-iming bunga rendah, proses pencairan dana cepat yang biasa ditawarkan perusahaan kredit. Cari tahu rekam jejak perusahaan kredit. Kalau salah pilih, Sobat bisa-bisa malah terlilit hutang.

4. Ketentuan Pinjaman

Pelajari segala ketentuan peminjaman dari perusahaan kredit. Ketahui bunga kredit, tenor (lama) pembayaran, dan juga persyaratan teknis, seperti usia dan kondisi motor.

Jika dirasa ada yang janggal, misalnya bunga terlalu besar, atau nilai taksiran kelewat rendah lebih baik cari perusahaan kredit lain.

Biar lebih mudah dalam mengajukan pinjaman dengan BPKB motor, OTOMOTO menyediakan fitur Loan yang dapat diakses di aplikasi atau website resmi OTOMOTO Indonesia. Untuk mengajukan pinjaman, Sobat hanya perlu memasukkan dokumen yang diminta lewat smartphone, tanpa harus datang ke kantor perusahaan kredit.

OTOMOTO bekerjasama dengan perusahaan kredit yang sudah memiliki reputasi bagus. Karena itu, pemohon tidak perlu khawatir soal keamanan data dan mekanisme kredit. Sobat bisa mendapatkan dana tunai dengan aman dan praktis.

 

, , , ,