Lampu sein enggak berkedip bisa bikin pengendara di belakang atau dari arah berlawanan gak sadar waktu kita mau belok. Gak mau kan gara-gara urusan sepele seperti itu terjadi hal-hal yang gak diinginkan?

Sebaiknya sein yang gak berkedip langsung diperbaiki. Biayanya gak mahal, dan sebenarnya mudah kok buat mengatasi urusan sein gak kedip.

Pertama, cari tahu dulu apa yang menjadi penyebab masalah tersebut. Lazimnya ada tiga hal yang jadi sumber penyakit sein gak kedip.

1. Aki tekor
Begitu tegangan listrik aki berkurang, suplai listrik buat menghidupkan dan mengedipkan lampu sein menjadi tidak maksimal. Sehingga, sein tidak berkedip dan cahayanya menjadi kurang terang.

Periksa tegangan aki dengan volt meter atau biar lebih pasti lagi bawa ke bengkel spesialis aki. Kalau tegangan berkurang drastis, segera di-charge atau kalau sudah tidak memungkinkan ya harus ganti aki.

2. Sikring putus
Kemungkinan lain penyebab lampu sein gak berkedip, yaitu sikring putus. Akibatnya, suplai listrik untuk menyalakan lampu sein terputus.

Cara mengganti sikring lampu sein gak sulit. Pertama, cari sikring untuk aliran listrik sein, lalu keluarkan dari kotak. Setelah itu pasang sikring baru. Harga sikring relatif murah, gak bakal nguras dompet.

3. Flasher rusak
Komponen ini yang paling berpengaruh sama kedipan lampu sein. Flasher mentransmisikan listrik untuk membuat sein berkedip dalam jeda waktu tertentu. Jika alat ini rusak, otomatis sein tidak bisa berkedip.

Sobat udah tahu kan sekarang penyebab lampu sein motor gak berkedip? Segera diperbaiki ya kalau mengalami masalah seperti ini. Jangan sampai harus pakai sein manual di jalan, alias melambaikan tangan setiap mau berbelok. Pegel kan tangannya gara-gara keseringan melambai-lambai.

, , , ,