Rumah atau biasa disebut lubang kunci motor longgar bisa bikin repot, karena kunci bisa sewaktu-waktu terlepas di jalan akhirnya lenyap. Penyebab rumah atau biasa disebut lubang kunci longgar, selain karena usia pakai, juga akibat kebiasaan buruk pengendara.

Ada beberapa kebiasaan yang bikin lubang kunci longgar. Pahami dan hindari perilaku-perilaku seperti ini ya, Sob.

  1. Malas merawat lubang kunci

Lubang kunci terbuat dari bahan logam yang dapat berkarat akibat oksidasi. Makanya, perlu dirawat dengan menyemprotkan cairan pelumas untuk mencegah karat dan tidak seret saat diputar.

  1. Sering kemasukan air

Proses oksidasi berlangsung lebih cepat jika lubang kunci sering kemasukan air hujan. Akhirnya bagian dalam kunci berkarat dan mulai longgar. Sebaiknya, untuk motor yang memiliki kunci magnet, tutup lubang kunci ketika parkir. Untuk motor yang tidak ada kunci magnet, bersihkan lubang kunci terutama setelah diterpa air hujan.

  1. Gantungan kunci terlalu berat

Menggunakan gantungan kunci yang berat bikin lubang kunci ikutan terbeban. Kondisi seperti itu membuat drat lubang kunci rusak, sehingga tidak dapat menahan anak kunci dengan baik. Pilih gantungan kunci yang sederhana saja, sebagai penanda anak kunci agar tidak gampang hilang.

  1. Sering diputar paksa

Siapa yang sering memaksa memutar anak kunci saat terasa seret? Nah, perilaku seperti itu sama saja membongkar paksa lubang kunci. Kalau lubang kunci seret, cabut dulu anak kunci lalu berikan pelumas di lubang kunci. Jika tidak ada pelumas, setidaknya coba putar anak kunci perlahan agar tidak merusak lubangnya.

Nah, sudah tahu kan apa saja kebiasaan yang bikin lubang kunci motor rusak. Mulai sekarang, hindari ya perilaku seperti itu.

 

, , , ,