Lem stiker yang tidak dibersihkan akan menjadi noda di body motor. Cara membersihkannya gak rumit, hanya saja butuh cara yang benar.

Emang menjengkelkan sih melihat noda sisa lem menempel. Sudah dicuci pakai sabun tetap gak bisa membersihkan lem stiker.

Menggunakan benda tajam, seperti obeng atau pisang adalah cara ngawur untuk membersihkan lem stiker. Bukannya bersih, body malah jadi baret. Pakai bensin atau thiner pun riskan, karena bahan kimia dalam cairan tersebut dapat merusak cat body.

Jangan emosi duluan buat membersihkan sisa lem di body. Ada kok cara aman buat membersihkan lem stiker, menggunakan bahan-bahan berikut ini:

  1. Minyak kayu putih

Cairan buat menghangatkan tubuh ini ternyata bisa melunakkan dan melunturkan sisa lem. Cara pakainya, tuang sedikit minyak kayu putih ke noda bekas lem. Lalu, gosok perlahan dengan lap bersih. Ulangi beberapa kali untuk memastikan lem sudah bersih. Setelah itu bilas dengan air sabun cuci motor supaya sisa lem gak menempel lagi.

  1. Cuka Makan

Selain digunakan untuk membuat masakan, cuka juga ampuh dijadikan penggerus noda bekas lem. Prosesnya sama seperti menggunakan minyak kayu putih. Tuang lalu gosokkan di bagian yang ada noda. Ingat, gosoknya santai saja dan pastikan lem benar-benar bersih lalu bilas dengan air sabun. Oh ya, cuka ini juga dapat menghilangkan karat di bagian-bagian yang terbuat dari logam.

  1. Kompon

Material ini mungkin yang paling aman dan ampuh digunakan untuk membersihkan nodal bekas lem. Kompon dapat menghilangkan baret-baret halus di body motor sekaligus menghilangkan noda bekas lem. Oles kompon ke bagian yang bernoda, lalu gosok memutar dengan kain halus sampai bersih. Tapi, jangan gunakan kompon terlalu banyak karena berisiko memudarkan warna cat.

Nah Sobat tinggal tentuin mau pakai yang mana buat membersihkan body motormu dari bekas stiker. Noda bekas lem jangan dibiarkan terus menempel, karena kalau sudah tercampur banyak debu dan kotoran lainnya bakal lebih sulit dibersihkan dan body terlihat dekil. Gak pede deh dibawa kemana-mana.

 

, , , ,