Menyalip kendaraan di depan kadang harus dilakukan pengendara motor agar bisa melaju lebih cepat. Perlu perhitungan matang saat menyalip, jangan sampai malah membahayakan diri sendiri dan orang lain.

Nah, supaya aman waktu mendahului kendaraan di depan, ada beberapa hal yang harus dilakukan.

  1. Nyalakan lampu sein

Ketika menyalip, Sobat pasti harus mengambil jalur lain yang kosong. Sebelum berpindah jalur, nyalakan lampu sein supaya kendaraan dari arah berlawanan dan kendaraan yang hendak didahului tahu Sobat akan pindah jalur.

  1. Perhitungkan jarak dengan kendaraan lain

Pastikan ada jarak yang cukup untuk mendahului kendaraan di depan lalu kembali ke jalur yang semestinya. Jangan paksakan menyusul ketika ada kendaraan dari arah berlawanan yang jaraknya sudah dekat.

  1. Beri Isyarat

Bunyikan klakson atau lampu dim sebelum mendahului. Tujuannya untuk memberi tahu kendaraan yang didahului.

  1. Kecepatan sudah tepat

Untuk melewati kendaraan di depan, Sobat pastinya harus melaju lebih cepat. Pastikan motor punya cukup waktu untuk mencapai kecepatan yang diperlukan sebelum berpindah jalur agar tidak menghalangi kendaraan di arah berlawanan atau kendaraan di belakang yang juga hendak menyalip.

  1. Pandangan tidak terhalang

Jangan coba-coba menyalip di jalan berbelok, tanjakan, atau turunan. Karena, di tempat tersebut pandangan akan terhalang, sehingga kendaraan dari arah berlawanan tidak terlihat. Bisa saja ada kendaraan dari arah berlawanan yang datang saat motor Sobat sedang berpindah jalur. Waduh, ngeri deh kalo kaya gitu.

 

, , , ,