Menurut survey HSBC tahun 2018, Indonesia menempati peringkat ke-13 dalam daftar negara dengan biaya pendidikan termahal. Biaya pendidikan rata-rata yang dikeluarkan orang Indonesia untuk sekolah sampai ke jenjang sarjana, mencapai Rp 257 juta.

Berdasarkan fakta tersebut, Sobat mesti cermat mempersiapkan biaya pendidikan untuk diri sendiri maupun untuk anak keturunan. Untuk para orang tua, ada beberapa cara untuk mengamankan rencana masa depan anak.

1. Tabungan Pendidikan

Beberapa bank di Indonesia memiliki program tabungan untuk pendidikan. Sobat dapat memilih program pendidikan mulai dari level sekolah dasar hingga jenjang sarjana.

Simpanan biaya pendidikan ini dapat dicairkan saat anak akan masuk sekolah ke jenjang tertentu. Cara ini dapat membantu meringankan beban saat tiba waktunya anak harus membayar biaya sekolah sampai ke universitas nanti.

2. Deposito

Deposito merupakan simpanan uang di bank yang hanya dapat diambil dalam jangka waktu tertentu. Berbeda dengan tabungan yang bisa diambil kapan saja, deposito akan lebih efektif untuk menyimpan biaya pendidikan.

Setiap bank punya ketentuan tersendiri mengenai setoran minimal deposito dan jangka waktu penarikannya. Sobat dapat memilih jumlah minimal setoran yang sesuai dengan kemampuan agar tidak memberatkan keuangan. Tentukan jangka waktu penarikan agar uang dapat diambil dibutuhkan untuk biaya sekolah.

Keuntungan lain dari deposito, yakni dapat dijadikan jaminan untuk pengajuan pinjaman di bank. Jadi, meskipun tidak mencairkan uang dari deposito, Sobat dapat menjadikannya jaminan untuk mendapatkan pinjaman uang dari bank.

3. Pinjaman Tunai

Untuk Sobat yang belum punya tabungan tapi butuh dana untuk pendidikan, dapat menggunakan fasilitas pinjaman dengan jaminan BPKB kendaraan. Kamu dapat mengajukan pinjaman lewat fitur Loan OTOMOTO Indonesia. Kamu bisa mendapatkan pinjaman dari perusahaan pembiayaan yang terpercaya dengan proses pengajuan praktis.

Nilai pinjaman tergantung pada kualifikasi peminjam dan kondisi kendaraan yang dijadikan jaminan. Jika memenuhi syarat, nilai maksimal yang bisa didapatkan yakni 85 persen dari harga jual kendaraan.

Jika semua persyaratan dari perusahaan pembiayaan bisa terpenuhi, pinjaman bisa didapatkan dalam waktu kurang dari 1 jam setelah pengajuan disetujui. Setelah itu, jangan lupa untuk bayar cicilan pinjaman tepat waktu ya, Sob.

, , , ,