Merek motor listrik Elvindo memiliki empat varian produk yang akan dijual di Indonesia. Motor-motor tersebut dirakit di Cikupa, Tangerang.

Empat motor tersebut, dinamai Arjuna, Veda, Bisma, dan Rama. Motor listrik Elvindo diperkenalkan sebagai pilihan kendaraan ramah lingkungan yang dapat mengurangi polusi udara.

Meskipun perakitannya dilakukan di Indonesia, suku cadang motor Elvindo mayoritas masih didatangkan dari Tiongkok. PT Indo Jaya Motor Electric sebagai pemegang merek Elvindo menyatakan, kandungan komponen lokal pada motor listrik tersebut akan ditingkatkan secara bertahap.

“Perencanaan kita dalam dua tahun TKDN sebesar 40 persen. Bodi, sasis itu hal mudah, ban juga sudah lokal, kemudian pelek. Kita sudah bawa molding (alat cetak) di Indonesia. Nanti kita bikin sendiri,” jelas Direktur PT Indo Jaya Motor Electric, Hengky Wijaya dikutip kompas.com.

Motor-motor buatan Cikupa itu akan dijual dengan harga relatif terjangkau. Bahkan, Hengky berani menyebut ada produk yang dijual Rp 5 jutaaan.

“Nanti di pasaran paling tinggi Rp 13 juta. Paling rendah ya Rp 5 juta ke atas,” rinci Komisaris PT Indo Jaya Motor Electric, Setyo Wasisto, seperti dilansir Gridoto.com.

Saat ini, baru Elvindo Rama yang telah ditetapkan harganya, yakni Rp 13 juta. Sementara tiga jenis motor lainnya, yakni Bisma, Veda, dan Arjuna akan diperkenalkan menyusul. Satu di antaranya merupakan motor yang dihargai Rp 5 jutaan.

Elvindo Rama, Veda dan Arjuna memiliki motor listrik berkapasitas 1.000 watt. Sedangkan Bisma menggunakan motor listrik berkapasitas lebih kecil, yakni 350 watt.

Foto: Gridoto.com

, , , ,