Serangan ngantuk bikin pengendara motor kehilangan konsentrasi. Semakin gawat lagi, akibat terlalu ngantuk pengendara gak sadar tertidur beberapa detik.

Beberapa detik tertidur di atas motor sama dengan menggantung nyawa. Dalam sekejap, kejadian buruk bisa menimpa di kala ngantuk saat berkendara.

Ngantuk bisa datang tanpa aba-aba. Apalagi saat kondisi badan lelah setelah beraktivitas atau memang karena kurang tidur. Ketika mata sudah ngantuk, ada beberapa hal yang harus dilakukan pemotor.

  1. Minum kopi

Banyak yang meyakini, kopi merupakan senjata pengusir kantuk. Betul memang, kandungan kafein dalam kopi dapat meningkatkan level kesadaran manusia.

Mengutip Medicalnewstoday, 75 mg kafein dapat meningkatkan konsentrasi dan kewaspadaan. Jadi boleh-boleh saja Sobat menepi sejenak di perjalanan untuk menyeruput kopi yang bisa bikin fokus. Tapi perlu digarisbawahi, tubuh butuh waktu sekira 45 menit untuk menyerap kafein. Karena itu, sebaiknya jangan langsung melanjutkan perjalanan setelah meneguk kopi karena efeknya belum terasa.

Tapi, jika minum kopi tidak membuat Sobat melek kembali itu artinya tubuh sudah terlalu lelah. Jangan paksakan untuk meneruskan perjalanan.

  1. Istirahat sejenak

Ketika kopi tidak mampu menerjang kantuk, jangan mencoba melawan lagi. Cari tempat untuk tidur sejenak 15-30 menit. Ini merupakan cara paling aman untuk mengatasi ngantuk. Dengan tidur sejenak, konsentrasi dan tenaga akan membaik saat Sobat bangun.

  1. Melakukan peregangan

Senam ringan bisa menyegarkan badan dan memudarkan kantuk, lho. Lakukan gerakan sederhana, seperti pemanasan sebelum olahraga. Gerakan seperti itu bisa melancarkan peredaran darah, sehingga tubuh terasa lebih bugar.

  1. Minum Air Putih

Ngantuk saat berkendara dapat terjadi karena Sobat dehidrasi. Akibat tubuh kurang cairan, aliran darah ke otak semakin berkurang. Buat mengatasi kondisi tersebut, segera minum air putih agar suplai oksigen kembali normal dan peredaran darah menjadi lancar. Usahakan bawa air putih di motor supaya gak perlu repot melipir ke warung ketika mulai ngantuk atau kehausan selama perjalanan.

Itu dia, trik-trik buat mengatasi ngantuk yang suka datang tanpa permisi. Biar gak mudah ngantuk, istirahat yang cukup sebelum berkendara dan konsumsi makanan dan minuman sehat.

 

, , , ,