Aksi pencurian motor kerap terjadi saat motor ditinggal dalam waktu lama di garasi rumah atau parkiran umum. Karena itu, Sobat perlu memastikan motor dalam keadaan aman sebelum ditinggalkan.

OTOMOTO punya sejumlah trik agar motor tidak mudah dibawa kabur sama pencuri. Mudah kok buat dilakukan.

  1. Pasang kunci tambahan

Memasang gembok atau kunci pengaman di rem cakram atau rantai motor paling lazim dilakukan para pemilik motor. Tapi, zaman sekarang para pencuri punya banyak trik buat membongkar kunci pengaman. Bisa dengan gergaji, atau dengan cairan  kimia yang bikin besi meleleh.

Buat mengantisipasi upaya licik pencuri, Sobat mesti pilih gembok yang kualitasnya bagus. Sekarang ini ada jenis gembok yang tidak meleleh disiram cairan kimia.

  1. Cabut busi

Untuk memperlambat upaya pencuri menyalakan paksa motor, cabut busi saat memarkir dalam waktu lama.  Kalau busi tidak terpasang, motor tidak akan bisa menyala. Pasang juga gembok supaya pencuri kesulitan mendorong motor.

  1. Cabut kabel aki

Mencabut busi di motor matic atau sport fairing mungkin agak sulit. Tapi tenang aja, ada solusi yang lebih mudah, yaitu mencabut kabel aki.

Tapi, cara ini hanya efektif dilakukan di motor yang menerapkan sistem kelistrikan DC alias aliran listrik langsung dari aki. Tapi, di motor tipe kelistrikan AC (alternator current) yang punya kick starter, motor masih tetap bisa dinyalakan tanpa aki, karena arus listrik bersumber dari spul.

Memang sih cara-cara di atas bikin Sobat sedikit repot saat meninggalkan motor. Tapi, apa salahnya menyisihkan waktu sekitar 5-10 menit tapi motor jadi lebih aman. Jangan sampai menyesal kehilangan motor hanya gara-gara males repot ya, Sob.

 

, , , ,