Sekian banyak pengguna motor memenuhi jalan-jalan raya Indonesia setiap harinya. Kumpulan motor-motor itu mengerubung seperti gerombolan lebah.

Sepeda motor sudah menjadi moda transportasi terfavorit buat masyarakat Indonesia. Hal itu tercermin dalam data yang dirilis Badan Pusat Statistik, sepeda motor merupakan kendaraan dengan populasi terbanyak, mencapai 138.556.669 unit pada tahun 2017. Terang saja jika motor kerap menyemut di jalan-jalan kota maupun di desa.

Tingginya populasi motor dipicu masifnya volume penjualan domestik sepeda motor di Indonesia, yang tercatat paling banyak ketiga di dunia. Tahun 2018 lalu, ada 6,9 juta motor baru terjual di Tanah Air.

Namun, untuk urusan volume penjualan sepeda motor per tahun, Indonesia masih kalah dari India yang saat ini emegang rekor negara dengan penjualan motor terbanyak di dunia, diikuti Tiongkok. Sepanjang tahun fiskal 2017/2018, ada lebih dari 20 juta motor yang terjual di tanah Hindustan.

Menariknya, walaupun India, Tiongkok, dan Indonesia menempati peringkat teratas soal volume penjualan motor, justru masyarakat Vietnam yang tercatat paling sering menggunakan kendaraan roda dua untuk bepergian sehari-hari.

Fakta tersebut dipaparkan dalam penelitian yang dihimpun Dalia Research di 52 negara tahun 2017 dengan kurang lebih 820 orang responden di setiap negara. 79 persen responden di Vietnam mengaku menggunakan sepeda motor untuk mobilitas harian. Sementara itu, Indonesia menempati urutan kedua, dengan persentase 67 persen responden yang menggunakan motor sehari-hari.

Taiwan dan India ada di deretan ketiga dan keempat dengan persentase 48 persen dan 40 persen masyarakat pengguna motor harian. Di urutan kelima, yaitu Pakistan dengan persentase 35 persen.

Mengacu pada keterangan Dalia Research, alasan utama orang-orang memilih bepergian menggunakan motor yakni untuk menembus kemacetan di jalan raya. Sepeda motor dapat melewati jalanan macet lebih cepat, sehingga mereka dapat menghemat waktu tempuh.

Jumlah pemotor wanita pun disebut bertambah dari tahun ke tahun. Hal itu didasari keinginan para wanita untuk lebih mandiri dan terlepas dari ketergantungan dengan para pria, dalam urusan transportasi.

Nah, itu dia Sobat negara-negara yang masyarakatnya paling sering menggunakan motor. Kalau Sobat sendiri, pilih bawa motor atau naik transportasi lain untuk berpegian sehari-hari.

, , , ,