Foto: Carmudi

Lampu indikator engine check motor atau Malfunction Indicator Light (MIL) sedang menyala tidak boleh diabaikan. Sebab, itu merupakan tanda masalah di motor Sobat.

Ada sejumlah kemungkinan masalah yang menyebabkan indikator engine check hidup. Jika dibiarkan, motor bisa tiba-tiba mogok di tengah jalan. Nih, OTOMOTO kasih beberapa penyebab umum engine check menyala.

  1. Aki Tekor

Saat suplai daya listrik dari aki mulai melemah, indikator engine check di motor injeksi pasti langsung menyala. Aki tekor merupakan masalah besar buat motor injeksi, sebab semua proses kerja electronic control unit (ECU) butuh listrik dari aki. Jika aki tekor tidak segera diisi daya, siap-siap saja mesin motor tidak bisa dihidupkan.

  1. Masalah sensor

Motor-motor modern yang serba elektrikal punya banyak sekali sensor di sistem kelistrikan dan mesin. Nah, jika ada salah satu sensor yang sedang bermasalah, seperti kabel speedometer rusak misalnya, indikator engine check akan menyala. Buat mengetahui masalah sensor ini, Sobat sebaiknya bawa motor ke bengkel pabrikan. Di sana, ada alat scan khusus untuk mendeteksi sensor yang bermasalah.

Ketika indikator MIL menyala, mungkin Sobat tidak langsung merasakan masalah yang terjadi. Efeknya baru terasa setelah beberapa lama, seperti bensin boros, mesin brebet, sampai mogok. Karena itu, jika indikator MIL sudah menyala, buru-buru bawa motor ke bengkel terpercaya.

, , , ,