Foto: revzilla

Keadaan darurat seperti mesin mogok atau masalah lain pada motor dapat tiba-tiba terjadi di tengah perjalanan. Karena itu, pemotor mesti membawa Perlengkapan Wajib Ada di Bagasi Motor untuk mengatasi kondisi darurat.

Ada beberapa perlengkapan wajib ada di bagasi motor. Ukurannya tidak terlalu besar, tapi sangat berfungsi di waktu-waktu genting.

  1. Obeng

Sobat sebaiknya membawa obeng di dalam bagasi motor. Perkakas tersebut berguna banget begitu menghadapi kondisi darurat, semisal membuka cover mesin saat motor matic atau cub mogok. Mungkin pula ada baut yang kendor di tengah perjalanan, jadi bisa segera dikencangkan sebelum lepas.

  1. Kunci busi dan busi cadangan

Biar ukurannya kecil, busi bisa menentukan hidup atau matinya mesin. Jika busi rusak, mesin gak bisa dinyalakan. Makanya, pemotor mesti membawa kunci busi untuk mengantisipasi busi tiba-tiba mati di perjalanan. Siapkan juga busi cadangan supaya mesin bisa dihidupkan.

  1. Tang

Tang bisa jadi sangat membantu khususnya untuk motor yang menggunakan rantai. Sebab, tang bisa digunakan untuk membuka dan memasang cincin rantai. Perkakas berbentuk seperti capitan itu juga berguna buat membuka kabel.

  1. Kunci L

Tidak semua baut di motor memiliki kepala berjenis plus (kembang) atau minus, ada pula yang kepalanya berbentuk bulat atau disebut baut L. Siapkan kunci L ukuran 5 dan 6 yang relatif banyak digunakan di motor.

  1. Jas Hujan

Jas hujan juga penting untuk menghadapi keadaan darurat saat tiba-tiba turun hujan. Pasti repot kalau gak ada jas hujan, bisa-bisa basah kuyup di perjalanan. Jas hujan bisa dilipat sekecil mungkin biar gak memenuhi bagasi. Oh ya, Sobat juga perlu membawa jas hujan untuk sepatu supaya sepatu gak kebasahan.

, , , ,