Setelah 5 tahun  memproduksi Honda BeAT generasi pertama yang menuai kesuksesan di pasar motor matic nasional, PT Astra Honda Motor memperkenalkan versi terbaru Honda BeAT FI pada 11 Oktober 2012. Spesifikasi Honda BeAT FI jauh berbeda dari versi sebelumnya, salah satunya mesin berteknologi injeksi bahan bakar PGM-FI kapasitas 110 cc (pembulatan dari 108 cc).

AHM merombak total motor matic yang laku keras, hingga menjungkal popularitas Yamaha Mio pada penghujung dasawarsa 2000-an tersebut. Mesin jelas berubah, dari karburator menjadi injeksi, body berganti wujud dan dimensinya dibuat gemuk.

Honda BeAT FI dibuat lebih mumpuni untuk meladeni kebutuhan perjalanan dalam maupun luar kota. Dengan dimensi body dan tempat duduk lebih lapang, serta ergonomi berkendara yang lumayan nyaman, motor ini dapat mengakomodir kenyamanan pengendara bersama pembonceng selama perjalanan.

Suspensi depan dan belakangnya aduhai! Motor seolah berayun ketika bertemu tanggulan atau jalan bergelombang, memanjakan pinggang pengendara. Tapi, konsekuensinya handling motor tidak begitu baik ketika masuk tikungan, karena suspensi mental-mentul. Bukan masalah besar, karena BeAT FI diperuntukkan untuk pemakaian di jalan biasa, bukan di trek.

Fitur-fiturnya terhitung sederhana. Speedometer dan odometer analog. Lampu depan dan belakang konvensional. Bagasinya lumayan lapang, kapasitas 11,2 liter—kiranya mampu memuat barang seperti jas hujan, sepatu, toolkit sekaligus. Sepertinya AHM lebih mementingkan aspek kenyamanan dan fungsionalitas pada motor ini. Tanpa fitur digital dan pernak-pernik glamor, BeAT FI sudah cukup memikat.

Berbekal mesin 110 cc, Honda BeAT FI keluaran tahun 2012, 2013, 2014, 2015, sampai 2016 punya tenaga yang tidak kurang tidak pula lebih untuk berkendara harian, khususnya di dalam kota. Mengadaptasi tipe mesin overstroke, motor “pilihan rakyat” ini tenaganya garang di putaran rendah mesin.

Dengan begitu, pengendara BeAT FI hanya perlu memelintir gas sedikit saja untuk membuat motor ngacir dari posisi diam. Karakter seperti itu membuat mesin BeAT FI diklaim tidak suka main ke SPBU alias irit BBM. Honda berani menyatakan BeAT FI mampu mencapai efisiensi lebih dari 50 km/liter.

BeAT series adalah anak emas AHM. Maka, pabrikan berlogo sayap mengepak tidak mau kehilangan momentum popularitas BeAT. Waktu 4 tahun dirasa sudah cukup panjang untuk eksistensi BeAT generasi kedua. Maka, di penghabisan warsa 2016 Honda BeAT FI berganti wujud menjadi All New BeAT eSP yang wujud bodinya kembali ramping dengan penyempurnaan fitur.

Dengan segenap kelebihan, tapi tak juga lepas dari cela, Honda BeAT FI adalah motor yang layak menjadi pilihan untuk mobilitas. Kenyamanan, fungsionalitas, dan keiritannya adalah spesifikasi Honda BeAT FI yang menjadi daya tarik yang sulit untuk ditepis pengguna motor.

Spesifikasi Honda BeAT FI (2012-2016)
Tipe Mesin 4 langkah SOHC pendingin kipas
Diameter x Langkah 50 mm x 55 mm
Kapasitas Mesin 108 cc
Perbandingan Kompresi 9,2:1
Tenaga Maksimum 8,4 dk / 8.000 rpm
Torsi Puncak 8,68 Nm / 6.500 rpm
Sistem Bahan Bakar Injeksi (PGM-FI)
Kapasitas tangki bensin 3,7 liter
Kapasitas peluma mesin 0,8 liter pada penggantian periodik
Transmisi Otomatis, V Matic
Sistem pengapian Full Transisterized, Baterai
Kelistrikan Baterai 12 V-3Ah (tipe MF)
Sasis
Panjang x Lebar x Tinggi 1.863 x 675 x 1.072 mm
Jarak sumbu roda 1.255 mm
Jarak terendah ke tanah 140 mm
Berat kosong 93 kg
Suspensi depan Teleskopik
Suspensi belakang Lengan ayun dengan shock breaker tunggal
Ukuran ban depan 80/90-14 M/C 40 P
Ukuran ban belakang 90/90-14 M/C 46 P
Rem depan Cakram hidrolik dengan piston tunggal
Rem belakang Tromol

 

, , , ,