Sobat ada gak sih yang pernah mengalami stang motor goyang atau malah motor seperti belok sendiri. Masalah kayak gitu berbahaya, karena pengendara motor bisa tiba-tiba kehilangan kendali.

Pastinya ada masalah pada perangkat kemudi motor, sehingga sulit dikendalikan. Ada beberapa kemungkinan masalah yang terjadi.

1. Komstir rusak
Komstir merupakan komponen penting buat mengunci keseimbangan kemudi. Ketika komstir kendor atau tidak presisi, sudah pasti stang motor goyang jadi sulit dikendalikan.

Jika motor sering terasa belok sendiri atau tidak seimbang saat berbelok, segera cek kondisi komstir. Untuk mengatasi perkara ini, setel kekencangan komstir, atau ganti komstir jika sudah rusak.

2. Segitiga bengkok
Segitiga motor berrfungsi sebagai dudukan komponen-komponen kemudi dan suspensi depan. Sudah terbayang dong, kalau salah satu sisi segitiga bengkok, tentu akan menimbulkan kelainan pada kemudi.

3. Velg Bengkok
Jangan dianggap sepele, velg bengkok juga bisa bikin kemudi motor gak stabil. Gejala velg bengkok biasanya motor seperti gak bisa jalan lurus.

Biasanya velg bisa bengkok karena menghantam lobang terlalu keras atau tabrakan. Cara mengatasinya, bisa dengan press velg.

4. Masalah suspensi
Kerusakan pada satu sisi suspensi membuat peredaman menjadi tidak seimbang. Akibatnya motor jadi condong ke salah satu sisi, sehingga terasa suka belok sendiri atau susah belok.

Kerusakan yang umum terjadi, yakni kebocoran seal yang membuat oli suspensi berkurang. Kalau melihat kebocoran oli, langsung bawa ke bengkel ya, Sob.

Sebagai pengguna motor, kita harus peka sama masalah seperti ini. Sebab jika dibiarkan bisa membahayakan diri sendiri dan orang lain.

, , , ,