phone-icon Download Aplikasi
Buka App
close-icon
SYARAT DAN KETENTUAN UMUM
TERKAIT PENGGUNAAN APLIKASI DAN SITUS WEB - OTOMOTO

Dengan mengunduh, menyertakan, dan/atau menggunakan Aplikasi OTOMOTO (“Aplikasi”) dan situs web kami, www.otomoto.id (“Situs Web”), Anda setuju bahwa Anda telah membaca, memahami, dan telah menyetujui Ketentuan Penggunaan ini termasuk dokumen tambahan/ turunannya (“Ketentuan Penggunaan”). Ketentuan Penggunaan ini adalah perjanjian sah antara Anda dan PT Adi Mitra Sentosa, termasuk dengan Fitur, Layanan, Aplikasi dan Situs Web (sebagaimana didefinisikan di bawah ini) yang berlaku pada kunjungan dan penggunaan Anda pada Aplikasi dan Situs Web kami (Aplikasi dan Situs Web kami, Secara bersamaan disebut “Layanan OTOMOTO”).

Silahkan membatalkan akun Anda (jika Anda telah mendaftar pada Aplikasi kami) dan secara permanen menghapus aplikasi dari perangkat Anda jika Anda tidak setuju atau tidak ingin masuk ke dalam Ketentuan Penggunaan ini.

KAMI MENGHIMBAU AGAR ANDA MEMBACA DAN MENYETUJUI KETENTUAN PENGGUNAAN DAN KEBIJAKAN PRIVASI KAMI TERLEBIH DAHULU, SEBELUM MENGUNDUH APLIKASI ATAU MENGGUNAKAN LAYANAN KAMI UNTUK PERTAMA KALINYA.


I. Perihal Umum
  1. PT Adi Mitra Sentosa adalah suatu Perseroan Terbatas yang didirikan berdasarkan hukum Negara Kesatuan Republik Indonesia (“Kami” atau “Milik Kami”). Kami memiliki Sertifikasi Merk terdaftar OTOMOTO. Kami adalah perusahaan berbasis teknologi bergerak dalam bidang layanan/ platform yang menyediakan layanan di bidang otomotif seperti perbaikan & pemeliharaan kendaraan, pemasaran kendaraan, dan lainnya. Kami bukan merupakan perusahaan otomotif ataupun perusahaan pembiayaan kendaraan.
  2. Aplikasi adalah perangkat lunak milik kami yang berfungsi sebagai sarana untuk mencari/ memfasilitasi penyedia layanan terutama di bidang otomotif. Saat ini kami memiliki beberapa situs web dan aplikasi sebagai berikut:
    1. Web: www.otomoto.id beserta turunannya.
    2. Aplikasi:
      1. OTOMOTO / OTOMOTO Indonesia
      2. OTOMOTO OTR / OTR
      3. OTOMOTO Dealer
      4. OTOMOTO SA
    3. Jika dikemudian hari ada perubahan dan atau penambahan, maka kami akan menambahkan data tersebut dalam Ketentuan Penggunaan ini.
  3. Aplikasi ini memungkinkan Anda untuk mengirimkan permintaan untuk suatu Layanan. Ketika permintaan layanan Anda terkonfirmasi maka detil Informasi Pribadi dan informasi kendaraan Anda  akan terkirim dan Aplikasi akan memberikan informasi sesuai permintaan layanan Anda.
  4. Sebagai sarana untuk pencarian penyedia layanan otomotif, adalah tergantung pada Penyedia Layanan untuk menawarkan Layanannya kepada Anda dan tergantung pada Anda untuk menerima/ menolak tawaran tersebut. Kami tidak mempekerjakan Penyedia Layanan dan tidak bertanggung jawab atas setiap tindakan dan/atau kelalaian Penyedia Layanan. Layanan adalah bentuk usaha, terutama dalam bidang otomotif, yang diberikan oleh Penyedia Layanan kepada Konsumen.Sebagai contoh, perbaikan kendaraan, pembiayaan kendaraan dan lain sebagainya. Penyedia Layanan adalah individu ataupun badan usaha yang memberikan layanan secara langsung, terutama terkait bidang otomotif. Penyedia Layanan telah menjalin Kerjasama dengan kami dan maka dari itu berhak untuk memasarkan layanannya pada Aplikasi dan/atau Situs Web kami.

II. Perihal Penggunaan
  1. Anda menyatakan dan menjamin bahwa Anda adalah individu yang secara hukum berhak untuk mengadakan perjanjian yang mengikat berdasarkan hukum Negara Kesatuan Republik Indonesia. Terutama terkait dengan Ketentuan Penggunaan, untuk menggunakan Layanan OTOMOTO. Anda adalah individu yang teah berusia minimal 21 Tahun atau sudah menikah dan tidak berada di bawah perwalian. Jika tidak, kami ataupun Penyedia Layanan terkait berhak untuk membatalkan perjanjian yang dibuat dengan Anda berdasarkan hukum. Anda juga selanjutnya menyatakan dan menjamin bahwa Anda memiliki hak, wewenang, dan kapasitas untuk menggunakan Layanan dan mematuhi Ketentuan Penggunaan. Jika Anda mendaftarkan atas nama suatu badan hukum, Anda juga menyatakan dan menjamin bahwa Anda berwenang untuk mengadakan, dan mengikatkan diri entitas tersebut pada Ketentuan Penggunaan ini dan mendaftarkan untuk Layanan OTOMOTO.
  2. Kami menampung dan memproses informasi pribadi Anda, seperti namun tidak terbatas pada, nama, alamat, alamat email, dan nomor telepon Anda ketika pendaftaran terhadap Layanan OTOMOTO. Anda harus memberikan informasi yang akurat, lengkap dan benar. Anda juga harus memperbaharui informasi jika terdapat perubahan terbaru dan setuju untuk memeberikan bukti identitas yang dimintakan secara wajar kepada kami. Dalam perihal penutupan ataupun pembaharuan, Kami akan, sepanjang yang dapat dilakukan, memberlakukan perubahan yang diminta tersebut dalam waktu lima belas (15) hari kerja sejak diterimanya pemberitahuan perubahan.
  3. Anda dapat menggunakan Layanan OTOMOTO sebagaimana disampaikan diatas dan selama Anda memenuhi kriteria yang disampaikan diatas. Selebihnya, untuk menggunakan Aplikasi lebih lanjut dan secara lengkap, Anda wajib telah mendaftarkan diri. Aplikasi akan memberikan akun pribadi yang dapat diakses dengan kata sandi yang anda pilih. Setiap Individu, hanya diperbolehkan memiliki satu akun. Akun tersebut bersifat pribadi dan hanya dapat digunakan Anda sendiri. Anda berjanji untuk tdiak memberikan wewenang kepada orang lain untuk menggunakan indentitas Anda atau menggunakan akun Anda. Anda tidak dapat menyerahkan atau mengalihkan akun Anda kepada pihak lain. Anda harus menjaga kerahasiaan kata sandi dan setiap identifikasi yang kami berikan kepada Anda. Dalam hal terjadi pengungkapan atas kata sandi Anda, dengan cara apapun, yang mengakibatkan setiap penggunaan yang tidak sah atau tanpa kewenangan atas akun atau identitas Anda, pesanan yang diterima dari penggunaan yang tidak sah atau tanpa kewenangan tersebut masih akan dianggap sebagai pesanan yang sah, kecuali Anda memberitahukan kami mengenai hal tersebut sebelum Penyedia Layanan memberikan Layanan yang diminta.
  4. Informasi yang diberikan oleh Aplikasi tidak dapat diartikan sebagai suatu saran atau penawaran langsung. Keputusan untuk menggunakan Layanan sepenuhnya berada di tangan Anda.
  5. Anda berjanji bahwa Anda akan menggunakan Aplikasi hanya untuk tujuan yang dimaksud untuk mendapatkan Layanan. Anda tidak diperbolehkan untuk menyalahgunakan atau menggunakan Aplikasi untuk tujuan penipuan atau menyebabkan ketidaknyamanan/ kerugian kepada orang lain atau melakukan pemesanan palsu.
  6. Jika Anda adalah juga seorang Penyedia Layanan, Anda tidak dapat menggunakan akun konsumen Anda sendiri (atau akun milik konsumen orang lain secara sengaja) yang bertindak sebagai konsumen untuk melakukan pemesanan yang Anda terima sendiri sebagai Penyedia Layanan.
  7. Anda tidak diperkenankan untuk mencoba ataupun secara langsung membahayakan, mengubah atau memodifikasi Layanan OTOMOTO dengan cara apapun. Kami tidak bertanggung jawab jika Anda tidak memiliki perangkat yang sesuai atau jika Anda telah mengunduh versi Aplikasi yang salah untuk perangkat Anda. Kami berhak untuk melarang Anda untuk menggunakan Aplikasi lebih lanjut jika Anda menggunakan Aplikasi dengan perangkat yang tidak sesuai/ cocok atau tidak sah atau untuk tujuan lain selain daripada tujuan yang dimaksud untuk penggunaan Aplikasi ini. Anda berjanji bahwa Anda hanya akan menggunakan suatu jalur akses yang diperbolehkan untuk Anda gunakan.
  8. Anda akan menjaga kerahasiaan dan tidak akan menyalahgunakan informasi yang Anda terima dari penggunaan Aplikasi tersebut. Anda akan memberlakukan Penyedia Layanan dengan hormat dan tidak akan terlibat dalam perilaku atau tindakan yang tidak sah, mengancam atau melecehkan ketika menggunakan layanan mereka.
  9. Anda memahami dan setuju bahwa penggunaan Layanan OTOMOTO oleh Anda akan tunduk pula pada Kebijakan Privasi kami sebagaimana dapat diubah dari waktu ke waktu. Dengan menggunakan Layanan OTOMOTO, Anda juga memberikan persetujuan sebagaimana dipersyaratkan berdasarkan Kebijakan Privasi kami.
  10. Dengan memberikan informasi kepada kami, Anda menyatakan bahwa Anda berhak untuk memberikan kepada kami informasi yang akan kami gunakan dan berikan kepada Penyedia Layanan.
  11. Kami dapat, berdasarkan kebijakan kami, memberikan promosi-promosi yang dapat ditukar untuk manfaat terkait dengan penggunaan Layanan OTOMOTO. Anda setuju bahwa Anda hanya akan menggunakan promosi tersebut sebagaimana promosi tersebut dimaksudkan dan tidak akan menyalahgunakan, menggandakan, menjual atau mengalihkan promosi tersebut dengan cara apapun. Anda juga memahami bahwa promosi tidak dapat ditukarkan dengan uang tunai (selain sebagaimana ditentukan demikian) dan dapat berakhir pada tanggal tertentu, bahkan sebelum Anda menggunakannya.
  12. Kami tidak menjamin/ menggaransi ketersediaan Layanan. Kami juga tidak dapat bertanggung jawab terhadap kualitas Layanan, dan/ atau barang yang diberikan/ dipergunakan oleh Penyedia Layanan kepada Anda. Akan tetapi kami berusaha untuk memprioritaskan permintaan Layanan Anda dan menghimbau Penyedia Layanan agar memberikan pelayanan & barang terbaik.
  13. Anda menerima dan mengakui bahwa Harga Layanan, Barang dan lainnya yang ditampilkan merupakan harga estimasi yang tidak pasti dan dapat berubah sewaktu-waktu.
  14. Segera informasikan kepada kami jika Anda kehilangan control dan akses terhadap akun anda, seperti dalam keadaan Akun/ Telepon Anda diretas (Hack) atau dicuri. Sehingga kami dapat membatalkan dan menutup akun Anda sebagaimana mestinya. Mohon disadari bahwa Anda bertanggung jawab atas penggunaan akun Anda dan dapat dimintakan pertanggung jawaban secara langsung jika akun Anda disalahgunakan oleh Anda maupun orang lain yang mengatasnamakan diri Anda.

III. Jaminan
  1. Kualitas Layanan yang diperoleh melalui penggunaan Layanan OTOMOTO ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab Penyedia Layanan yang pada akhirnya memberikan Layanan untuk Anda. Kami tidak memberikan pernyataan, jaminan, atau garansi untuk: dapat diandalkannya, ketepatan waktu, kualitas, kesesuaian, ketersediaan, akurasi, atau kelengkapan dari layanan, Layanan OTOMOTO, dan termasuk namun tidak terbatas pada layanan yang berasal dari Penyedia Layanan melalui Layanan OTOMOTO tersebut.
  2. Selain itu, Kami juga tidak menyatakan atau menjamin bahwa (a) penggunaan layanan dan Layanan OTOMOTO akan aman, tepat waktu, tanpa gangguan, atau terbebas dari kesalahan. Atau dapat beroperasi dengan kombinasi dengan perangkat keras lain, perangkat lunak, sistem, atau data; (b) Layanan dan Layanan OTOMOTO akan memenuhi kebutuhan atau harapan Anda; (c) setiap data yang tersimpan akan akurat atau dapat diandalkan; (d) kualitas produk, layanan, informasi, atau bahan lain yang dapat diperoleh/ dibeli oleh Anda melalui Layanan OTOMOTO akan memenuhi kebutuhan atau harapan Anda; (e) kesalahan atau kecacatan dalam aplikasi akan diperbaiki, atau (f) aplikasi atau server yang menyediakan Aplikasi terbebas dari virus atau komponen berbayaha lainnya.
  3. Layanan disediakan untuk Anda terbatas hanya pada dasar “sebagaimana adanya.” Semua kondisi, pernyataan dan jaminan, baik tersurat, tersirat, yang diwajibkan oleh undang-undang atau sebaliknya, termasuk, namun tidak terbatas pada, jaminan yang tersirat mengenai jual-beli, kesesuaian untuk tujuan tertentu, atau tidak adanya pelanggaran hak pihak ketiga, dengan ini dikecualikan dan dikesampingkan dengan batas tertinggi dan maksimum. Anda mengakui dan menyetujui bahwa seluruh risiko yang timbul dari penggunaan Layanan oleh Anda tetap semata-mata dan sepenuhnya ada pada Anda dan Anda tidak akan memiliki hak untuk meminta ganti rugi apapun dari kami.

IV. Tanggung Jawab dan Pembatasan Tanggung Jawab
  1. Kami tidak bertanggung jawab atas setiap cedera, kematian, kerusakan, atau kerugian yang disebabkan oleh perilaku dari Penyedia Layanan. Kami juga tidak bertanggung jawab atas kesalahan atau Tindakan kriminal yang dilakukan oleh Penyedia Layanan selama Pelaksanaan Layanan.
  2. Kami telah menggunakan cara teknis, sistem prefentif, dan keamanan yang tepat dan wajar untuk menjaga Layanan OTOMOTO aman dan terbebas dari virus malware dan kesalahan. Namun demikian, bagaimanapun efektifnya teknologi ini, tidak ada sistem keamanan yang tidak dapat ditembus. Oleh karena itu kami tidak dapat menjamin keamanan database kami dan kami juga tidak dapat menjamin bahwa informasi yang Anda berikan tidak akan ditahan/ terganggu saat sedang dikirimkan kepada kami.
  3. Aplikasi ini dapat mengalami keterbatasan, penundaan, dan masalah-masalah lain yang terdapat dalam penggunaan internet dan komunikasi elektronik, termasuk perangkat yang digunakan oleh Anda atau Penyedia Layanan rusak, tidak terhubung, berada di luar jangkauan, dimatikan atau tidak berfungsi. Kami tidak bertanggung jawab atas keterlambatan, kegagalan pengiriman, kerusakan atau kerugian yang diakibatkan oleh masalah-masalah tersebut.
  4. Dalam hal apapun Kami tidak akan bertanggung jawab kepada Anda atau siapa pun atas biaya, bunga, kerusakan atau kerugian dalam segala jenis atau bentuk (termasuk cedera pribadi, gangguan mental/ emosional, dan hilangnya data, barang, pendapatan, keuntungan, penggunaan atau keuntungan ekonomi lainnya). Kami tidak akan bertanggung jawab atas kerugian, kerusakan atau cedera yang mungkin ditimbulkan oleh atau disebabkan oleh Anda atau pada setiap orang untuk siapa Anda telah memesan Layanan, termasuk namun tidak terbatas pada kerugian, kerusakan atau cedera yang timbul dari, atau dengan cara apapun sehubungan dengan Layanan dan/ atau Aplikasi, termasuk namun tidak terbatas pada penggunaan atau ketidakmampuan untuk menggunakan Layanan dan/atau Aplikasi.
  5. Anda secara tegas mengesampingkan dan melepaskan Kami dari setiap dan semua kewajiban, ganti rugi, tuntutan dan/atau gugatan atau kerusakan yang timbul dari atau dengan cara apapun sehubungan dengan Penyedia Layanan. Kami tidak akan menjadi pihak dalam sengketa, negosiasi sengketa antara Anda dan Penyedia Layanan. Tanggung jawab untuk keputusan yang Anda buat atas Layanan yang ditemukan melalui Aplikasi merupakan tanggung jawab dan melekat seutuhnya dengan dan pada Anda. Anda secara tegas mengesampingkan dan melepaskan kami dari setiap dan semua kewajiban, ganti rugi, tuntutan dan/atau gugatan, penyebab tindakan, atau kerusakan yang timbul dari penggunaan Layanan, perangkat lunak dan/atau Aplikasi, atau dengan cara apapun terkait dengan Penyedia Layanan yang diperkenalkan kepada Anda melalui Aplikasi.

V. Ganti Rugi
  1. Dengan menggunakan Aplikasi ini, Anda setuju bahwa Anda akan membela, memberikan ganti rugi dan membebaskan kami, afiliasi, dan masing-masing dari petugas, direktur, komisaris, karyawan, pengacara, dan agen kami dari dan terhadap setiap klaim, biaya, kerusakan, kerugian, kewajiban, dan biaya (termasuk biaya dan ongkos pengacara) yang timbul akibat atau sehubungan dengan: (a) penggunaan Layanan dan/atau Layanan OTOMOTO oleh Anda, hubungan Anda dengan Penyedia Layanan, penyedia pihak ketiga, mitra, pemasang iklan dan/atau sponsor, atau; (b) pelanggaran atas atau tidak dipatuhinya salah satu Ketentuan Penggunaan atau peraturan perundang-undangan yang berlaku, baik yang disebutkan di sini atau tidak; atau (c) pelanggaran Anda terhadap hak-hak pihak ketiga, termasuk Penyedia Layanan pihak ketiga yang diatur melalui Layanan OTOMOTO; atau (d) penggunaan atau penyalahgunaan Layanan OTOMOTO; atau (e) pelanggaran atau kelalaian oleh Penyedia Layanan dalam memenuhi kewajibannya kepada Anda. Kewajiban pembelaan dan pemberian ganti rugi ini akan tetap berlaku walaupun Ketentuan Penggunaan dan penggunaan Situs Anda telah berakhir.

VI. Pembayaran
  1. Pengunduhan dan/atau penggunaan Layanan OTOMOTO ini bebas biaya. Kami dapat memperkenalkan pengenaan biaya untuk pengunduhan dan/atau penggunaan Layanan OTOMOTO di setiap saat. Kami akan memberitahu Anda tentang ini sebagaimana mestinya agar Anda dapat memutuskan. Namun demikian, koneksi internet yang dibutuhkan untuk menggunakan Layanan OTOMOTO dan setiap biaya terkait (misal biaya data ponsel) yang ditimbulkan oleh penggunaan Layanan OTOMOTO tersebut adalah tanggung jawab eksklusif Anda dan semata-mata dibebankan kepada Anda.
  2. Anda setuju bahwa Anda akan membayar Layanan yang diberikan kepada Anda oleh Penyedia Layanan secara penuh kepada Penyedia Layanan. Baik melalui OTOMOTO maupun secara langsung.
  3. OTOMOTO berhak untuk mengenakan biaya terhadap Penyedia Layanan, sebagaimana yang diperbolehkan oleh hukum dan berdasarkan atas Perjanjian dengan Penyedia Layanan terkait.
  4. OTOMOTO tunduk terhadap Peraturan Perpajakan yang berlaku dan yang menjadi tanggung jawab OTOMOTO.

VII. Perijinan
  1. Dengan tergantung pada kepatuhan Anda pada Ketentuan Penggunaan, kami memberikan Anda ijin yang terbatas, non-eksklusif, tidak dapat dipindahtangankan, tidak dapat dialihkan, tidak dapat disublisensikan, ijin yang dapat ditarik untuk menggunakan Layanan OTOMOTO melalui web browser internet ataupun bentuk lainnya.
  2. Anda tidak diperkenankan untuk (i) menyalin, memodifikasi, mengadaptasi, menerjemahkan, membuat karya turunan dari, mendistribusikan, memberikan lisensi, menjual, mengalihkan, menampilkan di muka umum, membuat ulang, mentransmisikan, memindahkan, menyiarkan, menguraikan, atau membongkar bagian manapun dari atau dengan cara lain yang mungkin mengeksploitasi Aplikasi, kecuali sebagaimana diperbolehkan dalam Ketentuan Penggunaan ini, (ii) memberikan lisensi, mensublisensikan, menjual, menjual kembali, memindahkan, mengalihkan, mendistribusikan atau mengeksploitasi secara komersial atau membuat tersedia kepada pihak ketiga Layanan OTOMOTO dan/ atau perangkat lunak dengan cara; (iii) menciptakan “link” internet ke Aplikasi atau “frame” atau “mirror” setiap perangkat lunak pada server lain atau perangkat nirkabel atau yang berbasis internet; (iv) merekayasa ulang atau mengakses perangkat lunak kami untuk (a) membangun produk atau layanan tandingan, (b) membangun produk dengan menggunakan ide, fitur, fungsi atau grafis sejenis Aplikasi, atau (c) menyalin ide, fitur, fungsi, atau grafis Aplikasi, (v) meluncurkan program otomatis atau script, termasuk, namun tidak terbatas pada, web spiders, web crawlers, web robots, web ants, web indexers, bots, virus atau worm, atau segala program apapun yang mungkin membuat beberapa permintaan server per detik, atau menciptakan beban berat atau menghambat operasi dan/ atau kinerja Aplikasi, (vi) menggunakan robot, spider, pencarian situs/ aplikasi pengambilan kembali, atau perangkat manual atau otomatis lainnya atau proses untuk mengambil, indeks, “tambang data” (data mine), atau dengan cara apapun memperbanyak atau menghindari struktur navigasi atau presentasi dari aplikasi atau isinya; (vii) menerbitkan, mendistribusikan atau memperbanyak dengan cara apapun materi yang dilindungi hak cipta, merek dagang, atau informasi yang dimiliki lainnya tanpa memperoleh persetujuan terlebih dahulu dari pemilik hak milik, (viii) menghapus setiap hak cipta, merek dagang atau pemberitahuan hak milik lainnya yang terkandung dalam aplikasi. Tidak ada lisensi atau hak yang diberikan kepada Anda dengan implikasi berdasarkan hak kekayaan intelektual dimiliki atau dikendalikan oleh kami atau pemberi lisensi kami, kecuali untuk lisensi dan hak tersebut secara tegas diberikan dalam Ketentuan Penggunaan ini.
  3. Anda (i) tidak akan mengirim spam atau pesan yang bersifat duplikasi atau tidak diminta yang melanggar hukum berlaku; (ii) tidak akan mengirim atau menyimpan materi yang melanggar, cabul, mengancam, memfitnah, atau melanggar hukum atau bersifat sadis, termasuk namun tidak terbatas pada bahan berbahaya bagi anak-anak atau yang melanggar hak privasi pihak ketiga; (iii) tidak akan mengirim bahan yang mengandung virus piranti lunak, worm, trojan horses atau kode komputer berbahaya lainnya, dokumen/ file, script, agen, atau program; (iv) tidak mengganggu atau mengacaukan integritas atau kinerja Aplikasi atau data di dalamnya; (v) tidak mencoba untuk mendapatkan akses yang tidak sah ke Aplikasi atau sistem atau jaringan terkait; (vi) tidak berkedok sebagai orang atau badan lain atau menggambarkan diri Anda sebagai afiliasi seseorang atau suatu badan; dan (vii) menahan diri untuk terlibat dalam tindakan yang mungkin bisa merusak reputasi kami atau dianggap dapat merusak reputasi kami.
  4. Kami akan memiliki hak untuk menyelidiki dan menuntut setiap pelanggaran di atas sepanjang yang dimungkinkan oleh hukum. Kami dapat melibatkan dan bekerja sama dengan pihak penegak hukum dalam menuntut pengguna yang melanggar Ketentuan Penggunaan ini. Anda mengakui bahwa kami tidak memiliki kewajiban untuk memonitor akses Anda ke atau penggunaan Situs web atau Aplikasi, tapi kami memiliki hak untuk melakukannya untuk tujuan pengoperasian Situs web dan Aplikasi, untuk memastikan kepatuhan dengan Ketentuan Penggunaan ini, atau untuk mematuhi peraturan yang berlaku atau perintah atau persyaratan dari pengadilan, lembaga administratif atau badan pemerintahan lainnya.

VII. Kekayaan Intelektual
  1. OTOMOTO, termasuk nama dan logo, Aplikasi dan Layanan OTOMOTO, dilindungi oleh hak cipta, merek dagang dan hak-hak lain yang disediakan berdasarkan hukum Negara Republik Indonesia. Kami secara eksklusif memiliki semua hak, kepemilikan dan kepentingan dalam dan terhadap Aplikasi, termasuk semua hak kekayaan intelektual terkait.
  2. Tanpa menyimpang dari hak kami berdasarkan hukum yang berlaku atau Ketentuan Penggunaan, Anda diberitahukan bahwa setiap usaha atau pelanggaran nyata atas ketentuan ini akan mengakibatkan penghentian semua hak Anda di bawah Ketentuan Penggunaan. Jika Anda menghindari salah satu cara yang kami ambil untuk melindungi Layanan OTOMOTO dari penggunaan secara tidak sah, Anda harus segera menghentikan setiap dan semua penggunaan Layanan OTOMOTO, dan Anda setuju untuk melakukannya.

VIII. Pengakhiran
  1. Anda tidak berkewajiban untuk menggunakan Aplikasi dan dapat memilih untuk berhenti menggunakannya setiap saat dengan membatalkan akun Anda dan secara permanen menghapus Aplikasi dari perangkat Anda, sehingga menonaktifkan penggunaan Aplikasi tersebut. Ketentuan Penggunaan secara otomatis berakhir ketika Anda secara permanen menghapus Aplikasi dari perangkat. Anda juga dapat mengakhiri penggunaan situs web OTOMOTO dengan menutup website tersebut.
  2. Anda dapat mengakhiri akun Anda dengan memberitahu kami maksud Anda untuk membatalkan akun Anda.
  3. Kami berhak untuk segera menangguhkan, membatasi, atau menghentikan Ketentuan Penggunaan dan penggunaan Aplikasi jika kami memiliki alasan untuk mencurigai bahwa Anda telah melanggar ketentuan dari Ketentuan Penggunaan ini atau peraturan perundang-undangan yang berlaku.

IX. Lain-Lain
  1. Pengesampingan, toleransi, atau kegagalan kami untuk mengklaim suatu pelanggaran ketentuan dari Ketentuan Penggunaan ini atau untuk melaksanakan hak yang dinyatakan oleh Ketentuan Penggunaan ini atau hukum yang berlaku, tidak akan dianggap sebagai pengesampingan sehubungan dengan pelanggaran berikutnya dari setiap ketentuan dari Ketentuan Penggunaan ini.
  2. Anda tidak dapat memindahkan atau mengalihkan hak dan kewajiban Anda berdasarkan Ketentuan Penggunaan tanpa persetujuan tertulis sebelumnya dari kami. Kami dapat mengalihkan hak kami berdasarkan Ketentuan Penggunaan kepada pihak semata-mata dan mutlak menurut kebijakan kami.
  3. Jika ada istilah berdasarkan Ketentuan Penggunaan yang dianggap tidak sah, tidak berlaku atau tidak dapat dilaksanakan, baik secara keseluruhan atau sebagian, berdasarkan hukum berlaku atau ketentuan perundang-undangan, istilah atau bagian dari istilah tersebut tidak mengurangi kepenuhan dan keberlakuan dari Ketentuan Penggunaan ini. Sehingga Ketentuan tetap dapat digunakan sebagaimana semestinya. Istilah maupun bagian dari istilah tersebut, akan direvisi sebagaimana seperti tujuan awalnya.
  4. Ketentuan Penggunaan ini diatur oleh dan ditafsirkan berdasarkan hukum Negara Kesatuan Republik Indonesia. Setiap dan semua sengketa yang timbul dari penggunaan layanan kami akan diatur oleh yurisdiksi eksklusif dari Pengadilan Negeri Jakarta Pusat.
  5. Ketentuan Penggunaan ini dapat dimodifikasi dan diubah dari waktu ke waktu. Kami akan memberitahu Anda melalui Aplikasi dan/atau email atas modifikasi, dan/atau perubahan atas Ketentuan Penggunaan. Penggunaan Layanan OTOMOTO secara terus menerus setelah diterimanya pemberitahuan ini merupakan persetujuan dan penerimaan Anda atas modifikasi, dan/atau perubahan.


TERKAIT PENGGUNAAN LAYANAN JUBELMOTO

KAMI MENGHIMBAU AGAR ANDA MEMBACA DAN MENYETUJUI KETENTUAN PENGGUNAAN DAN KEBIJAKAN PRIVASI KAMI TERLEBIH DAHULU, SEBELUM MENGGUNAKAN LAYANAN JUBELMOTO UNTUK PERTAMA KALINYA.


I. Definisi
  1. “Data Pribadi” merupakan keterangan mengenai identitas diri, badan hukum, atau badan usaha.
  2. “OTOMOTO” merupakan pengelola layanan Jubelmoto.
  3. “JUBELMOTO” atau “Layanan JUBELMOTO” merupakan layanan perantara jual-beli kendaraan yang terdapat di dalam Layanan OTOMOTO (Aplikasi dan situs Web OTOMOTO) dan memuat Materi.
  4. “Materi” merupakan data kendaraan yang berisi, namun tidak terbatas pada, gambar, kondisi kendaraan, harga, dan lainnya.
  5. “Penjual” merupakan periorangan/ individu, badan hukum/ badan usaha, dan/atau dealer yang mengirimkan Data Pribadi Penjual, Data Badan Hukum/ Usaha, dan Materi kepada OTOMOTO untuk ditampilkan dalam layanan JUBELMOTO.
  6. “Pembeli” merupakan perorangan/ individu, badan hukum/ badan usaha, dan/atau dealer yang melakukan transaksi pembelian atas kendaraan yang Materinya ditampilkan atau disediakan dalam/ melalui layanan JUBELMOTO.
  7. “Dealer” merupakan badan usaha pribadi atau bersama yang secara khusus berkegiatan dalam penjualan dan/atau pembelian kendaraan dan dapat bertindak secara terpisah maupun bersamaan sebagai Penjual dan Pembeli pada Layanan JUBELMOTO.

II. Hak OTOMOTO

Sebagai Pengelola layanan JUBELMOTO, dan selama tidak bertentangan dengan hukum, OTOMOTO Berhak untuk:

  1. Menggunakan Data Pribadi Anda untuk menghubungkan Penjual dan Pembeli, termasuk dealer, melalui media komunikasi antara lain email, platform pesan lintas online, SMS, dan/atau telepon.
  2. Memilih, menyaring, menentukan Materi yang akan diterbitkan dalam layanan JUBELMOTO.
  3. Menanyakan kembali kepada seluruh pihak baik kepada Penjual, Pembeli, maupun Dealer apabila diperlukan perubahan dan/ atau pengkinian atas Data Pribadi, Data Badan Usaha, dan/atau Materi.
  4. OTOMOTO berhak memberikan Data Pribadi dan Materi kepada pihak yang berwenang (berwajib) apabila dibutuhkan.

III. Tanggung Jawab dan Pembatasan Tanggung Jawab
  1. OTOMOTO tidak bertanggung jawab atas kebenaran Data Pribadi, Data Badan Usaha, dan Materi yang diberikan oleh Penjual atau Pembeli.Data-data tersebut yang disampaikan oleh Penjual atau Pembeli kepada OTOMOTO bukan merupakan bentuk dukungan, atau mengimplikasikan dukungan terhadap kualitas atau kelayakan dari Penjual dan Pembeli. Tanggung jawab atas data-data tersebut adalah sepenuhnya menjadi tanggung jawab Penjual dan Pembeli masing-masing. Informasi dan data-data tersebut yang ditampilkan dalam JUBELMOTO, dapat mengandung ketidakakuratan ataupun kesalahan tipografis. OTOMOTO akan berupaya melakukan pperbaikan, pembaharuan data tersebut dari waktu ke waktu, namun tetap tidak dapat menanggung kewajiban untuk memperbaharui Data-data tersebut yang telah menjadi tidak akurat.
  2. OTOMOTO tidak bertanggung jawab atas:
    1. Keabsahan/ Keaslian dokumen-dokumen kendaraan.
    2. Kerusakan dan/ atau cacat fisik atas kendaraan yang terlihat maupun tidak dan yang disampaikan di JUBELMOTO maupun tidak.
    3. Keakuratan antara gambar, data, dan lainnya pada JUBELMOTO dengan kondisi nyata secara fisik. (Terutama terkait dengan kondisi kendaraan)
    4. Kepastian Harga yang disampaikan kepada OTOMOTO dan ditampilkan maupun tidak ditampilkan di JUBELMOTO.
  3. Bilamana terjadi salah satu hal atau perbedaan sebagaimana tersebut di atas, maka hal tersebut berada di luar kekuasaan dan tanggung jawab OTOMOTO sepenuhnya. Penjual dan/atau Pembeli membebaskan OTOMOTO dari segala gugatan, tuntutan, tagihan, dan/atau ganti rugi sehubungan dengan hal tersebut.
  4. Terkait Proses Transaksi, pemberian/ pengajuan penawaran, keputusan harga, dan lainnya, serta akibat langsung/ tidak langsungnya dari keputusan Pembeli dan Penjual, bukan menjadi tanggung jawab OTOMOTO. Keputusan terkahir berada di tangan Penjual dan Pembeli, termasuk segala hak, kewajiban, dan konsekuensinya. OTOMOTO hanya bertindak sebagai penghubung dan pengelola dari JUBELMOTO.
  5. OTOMOTO tidak bertanggung jawab apabila Penjual atau Pembeli tidak hadir (dikarenakan alas an apapun) pada waktu yang telah disepakati.
  6. OTOMOTO dibebaskan dari segala perselisihan, gugatan, tuntutan, dan/atau tagihan yang terjadi antara Penjual dan Pembeli dalam transaksi yang terjadi sebagai implikasi dari penggunaan Layanan JUBELMOTO.

IV. Pembayaran
  1. Penggunaan layanan JUBELMOTO pada dasarnya bersifat tanpa biaya. Namun jika diperlukan, OTOMOTO atau JUBELMOTO secara bersamaan ataupun terpisah, berhak untuk mengenakan biaya terhadap Penjual dan/ atau Pembeli sebagaimana yang diperbolehkan oleh hukum dan berdasarkan atas Kesepakatan dengan Penjual dan Pembeli terkait.
  2. Transaksi yang dilakukan antara Penjual dan Pembeli, melalui JUBELMOTO, pembayarannya menjadi tanggung jawab masing-masing. Meskipun pembayaran tersebut melalui maupun tidak melalui OTOMOTO, sebagai pelaksana, dan/ atau JUBELMOTO.
  3. OTOMOTO tunduk terhadap Peraturan Perpajakan yang berlaku dan yang menjadi tanggung jawab OTOMOTO.

V. Lain-lain
  1. Dengan menggunakan layanan JUBELMOTO, anda setuju untuk tunduk kepada Syarat dan Ketentuan Umum ini dan setiap syarat dan ketentuan serta petunjuk lain yang berlaku, yang mungkin diubah atau diperbarui oleh OTOMOTO dari waktu ke waktu atas kebijaksanaannya sendiri.
  2. Dengan menggunakan layanan JUBELMOTO, Anda setuju untuk melepaskan, membela, dan membebaskan OTOMOTO, perusahaan terafiliasinya, dan direktur, komisaris, karyawan, dan mitranya dari dan terhadap:
    1. Setiap/ semua gugatan, tuntutan kewajiban, kerugian, tagihan/ biaya (termasuk biaya hukum, penggantian kerusakan, dan jumlah penyelesaian yang wajar) yang timbul dari, berkaitan dengan, atau yang mungkin timbul dari penggunaan dan/ atau pengaksesan layanan JUBELMOTO.
    2. Termasuk juga pelanggaran atas suatu syarat dalam Syarat & Ketentuan Umum, Ketentuan Pengguna, Kebijakan Privasi OTOMOTO dan ketentuan OTOMOTO lainnya, oleh Penjual dan/atau Pembeli, pelanggaran terhadap suatu hak pihak manapun, termasuk namun tidak terbatas pada hak atas kekayaan intelektual. aset baik yang berupa harta bergerak ataupun harta tidak bergerak, hak privasi;
    3. Gugatan dan/atau tuntutan kewajiban dan/atau kerugian dan/atau tagihan/biaya apapun sehubungan dengan Materi yang menyebabkan kerugian terhadap pihak manapun.


TERKAIT PROGRAM POINT OTOMOTO
  1. OTOMOTO memiliki program loyality yang dapat dimanfaatkan oleh Pengguna OTOMOTO, termasuk Anda, pada Layanan OTOMOTO. Anda dapat melakukan beberapa aktivitas melalui Aplikasi kami untuk mendapatkan dan menggunakan point tersebut.
  2. Namun terhitung dari 15 Maret 2020 hingga saat ini, Program Point/ loyalty ini sedang tidak digunakan.
  3. Jika anda memiliki pertanyaan mengenai Poin dan Program Loyalty OTOMOTO, silahkan menghubungi support@otomoto.id.


TERKAIT MITRA AGEN DAN OTOMOTO OTR
  1. Guna meningkatkan kinerja dan jangkauan OTOMOTO terhadap Anda (pengguna/ konsumen OTOMOTO), kami menjalankan program Mitra Agen yang bertujuan untuk membantu pengenalan Layanan OTOMOTO dan penawaran terhadap layanan-layanan yang ditampilkan oleh OTOMOTO.
  2. “Mitra Agen” atau “Agen” adalah individu yang telah diverifikasi oleh OTOMOTO dan bekerjasama dengan OTOMOTO untuk menjadi perpanjangan tangan dari OTOMOTO dalam menawarkan layanan-layanan yang tersedia pada Aplikasi maupun Situs Web OTOMOTO.
  3. Dalam menjalankan Kerjasama ini, OTOMOTO memberikan akses kepada Mitra Agen terhadap Aplikasi OTOMOTO OTR / OTR. OTOMOTO OTR tunduk pada Syarat dan Ketentuan ini, kebijakan privasi, dan setiap perjanjian lainnya sehubungan dengan layanan dan program Mitra Agen ini antara OTOMOTO dan Agen.
  4. Agen setuju dan menyatakan bahwa telah membaca dan memahami syarat & ketentuan ini, kebijakan privasi dan perjanjian lainnya terkait dengan program Mitra Agen ini.
  5. Agen berjanji untuk mematuhi pemberitahuan atau instruski yang diberikan oleh OTOMOTO terkait Kerjasama ini dan terkait Aplikasi OTOMOTO OTR serta penggunaannya..
  6. Agen bertanggung jawab penuh dan secara pribadi terhadap akses Aplikasi OTOMOTO OTR, kode Agen/ referalnya, serta kata sandinya.
  7. Kami berhak untuk melakukan pembekuan/ penutupan Akun Agen tanpa syarat, apabila melakukan Tindakan curang, menggunakan identitas/ data palsu, menggunakan data pribadi/ badan pihak lain secara tidak sah, terlebih jika ditemukan hal-hal yang melanggar hukum berlaku.
  8. Agen menjamin bahwa data Pribadi/ Badan Usaha calon Pengguna atau Konsumen OTOMOTO yang diisi dan dikirim pada Aplikasi OTOMOTO OTR adalah jelas, benar, dan didapatkan secara sah melalui pengetahuan calon pengguna tersebut. Agen juga menyetujui bahwa data tersebut hanya akan digunakan terkait dengan transaksi yang akan dilakukan melalui OTOMOTO. Dan berhak serta dapat digunakan oleh OTOMOTO sebagaimana mestinya. Apabila di kemudian hari ditemukan data-data tersebut yang tidak benar sehingga menimbulkan permasalahan hukum, Agen bersedia untuk bertanggungjawab atas segala konsekuensi secara material maupun non-material.
  9. Agen setuju untuk tidak melakukan penuntutan, gugatan, ataupun keberatan atas hasil verifikasi Data Pribadi/ Badan Usaha calon Nasabah, maupun Data Pribadi Agen yang dilakukan oleh pihak ketiga lain yang bekerjasama dengan OTOMOTO.
  10. OTOMOTO berhak secara sepihak menghentikan atau menangguhkan pelayanan tanpa pemberitahuan terlebih dahulu kepada Agen apabila terjadi hal teknis (seperti gangguan teknis pada jaringan (network)) dan Non Teknis (seperti Jaringan (network) dan/atau akun terindikasi digunakan untuk kejahatan atau kegiatan yang bertujuan melanggar hukum dengan akibat terjadi kerusakan atau gangguan terhadap jaringan (network) dan/atau akun, yang dilakukan namun tidak terbatas oleh Agen).
  11. OTOMOTO berhak untuk melakukan penutupan Akun milik Agen apabila berlaku hal-hal seperti, namun tidak terbatas pada, tidak dipenuhinya hal-hal yang seharusnya dilakukan atau tidak dilakukan oleh Agen seperti diatur dalam Syarat dan Ketentuan ini; atau atas permintaan Agen setelah mengajukan permohonan penutupan akun pada Aplikasi OTOMOTO OTR yang dapat diajukan secara tertulis maupun melalui surat elektronik kepada OTOMOTO.
  12. Dengan tidak membatasi hal-hal yang diatur dalam butir di atas, OTOMOTO berikut pejabat, pegawai, dan pihak ketiga lain yang bekerjasama dengan OTOMOTO, tidak bertanggung jawab atas tuntutan/ klaim mengenai :
    1. Segala kerugian material maupun non-material karena tidak beroperasinya sistem akibat bencana alam, banjir, perang, pemberontakan, huru-hara atau kerusuhan umum, pemogokan umum, demonstrasi umum dan/atau akibat adanya peraturan dan/atau larangan Pemerintah dan/atau hal-hal di luar kuasa lainnya.
    2. Segala kerugian atau kehilangan data karena penggunaan akun oleh pihak yang tidak berwenang.
  13. Syarat dan Ketentuan mengenai Kerjasama dan penggunaan Aplikasi ini tunduk pada Syarat dan Ketentuan Umum, Ketentuan Penggunaan, dan terutama pada hukum yang berlaku di Negara Kesatuan Republik Indonesia
  14. Berkenaan dengan Syarat dan Ketentuan mengenai penggunaan Aplikasi OTOMOTO OTR dan segala akibatnya, OTOMOTO dan Agen setuju untuk memilih tempat kediaman hukum di Pengadilan Negeri Jakarta Pusat apabila terjadi perselisihan yang tidak mendapatkan kesepakatan melalui musyawarah.
  15. Apabila salah satu atau lebih ketentuan yang terdapat dalam Syarat dan Ketentuan Umum ini dinyatakan tidak berlaku atau tidak dapat dilaksanakan oleh Pengadilan yang berwenang atau dianggap bertentangan dengan ketentuan atau peraturan perundang-undangan yang berlaku maka ketentuan-ketentuan lainnya yang terdapat dalam Syarat dan Ketentuan Umum ini akan tetap berlaku dan mengikat.


TERKAIT DEALER REKANAN DAN OTOMOTO DEALER
  1. Guna meningkatkan kinerja dan memperluas pelayanan OTOMOTO terhadap Anda (pengguna/ konsumen OTOMOTO), kami bekerjasama dengan Dealer yang bertujuan untuk, salah satunya, membantu proses Penjualan dan Pembelian Kendaraan yang difasilitasi oleh OTOMOTO melalui/ tidak melalui JUBELMOTO.
  2. “Dealer” atau “Dealer Rekanan” adalah individu/ badan usaha yang telah diverifikasi oleh OTOMOTO dan bekerjasama dengan OTOMOTO untuk menjadi perpanjangan tangan dari OTOMOTO, terutama dalam transaksi Penjualan dan Pembelian Kendaraan.
  3. Dalam menjalankan Kerjasama ini, OTOMOTO memberikan akses kepada Dealer Rekanan terhadap Aplikasi OTOMOTO DEALER/ DEALER. OTOMOTO DEALER tunduk pada Syarat dan Ketentuan ini, kebijakan privasi, dan setiap perjanjian lainnya sehubungan dengan layanan dan Kerjasama antara OTOMOTO dan Dealer Rekanan.
  4. Data, terkait data pribadi, data kendaraan, data badan usaha, Materi, dan lainnya merupakan Milik Dealer yang telah disampaikan kepada OTOMOTO. Atas hal tersebut, OTOMOTO berhak menggunakan data tersebut sebagai mestinya dan dalam keterkaitan dengan pelaksanaan transaksi serta Kerjasama.
  5. OTOMOTO tidak bertanggung jawab atas kerugian secara material maupun non-material terkait dengan penggunaan secara langsung terhadap OTOMOTO Dealer maupun tidak langsung yang ditanggung oleh Dealer, maupun pihak lain. Hal ini menjadi tanggung jawab Dealer masing-masing.
  6. Kerjasama antara OTOMOTO dan Dealer Rekanan lainnya yang belum tercantum dalan ketentuan ini, akan dilengkapi melalui ketentuan maupun perjanjian Kerjasama lainnya.
  7. Syarat dan Ketentuan mengenai Kerjasama dan penggunaan Aplikasi ini tunduk pada Syarat dan Ketentuan Umum, Ketentuan Penggunaan, dan terutama pada hukum yang berlaku di Negara Kesatuan Republik Indonesia
  8. Berkenaan dengan Syarat dan Ketentuan mengenai penggunaan Aplikasi OTOMOTO Dealer dan segala akibatnya, OTOMOTO dan Dealer setuju untuk memilih tempat kediaman hukum di Pengadilan Negeri Jakarta Pusat apabila terjadi perselisihan yang tidak mendapatkan kesepakatan melalui musyawarah.
  9. Apabila salah satu atau lebih ketentuan yang terdapat dalam Syarat dan Ketentuan Umum ini dinyatakan tidak berlaku atau tidak dapat dilaksanakan oleh Pengadilan yang berwenang atau dianggap bertentangan dengan ketentuan atau peraturan perundang-undangan yang berlaku maka ketentuan-ketentuan lainnya yang terdapat dalam Syarat dan Ketentuan Umum ini akan tetap berlaku dan mengikat.
  10. Apabila salah satu atau lebih ketentuan yang terdapat dalam Syarat dan Ketentuan Umum ini dinyatakan tidak berlaku atau tidak dapat dilaksanakan oleh Pengadilan yang berwenang atau dianggap bertentangan dengan ketentuan atau peraturan perundang-undangan yang berlaku maka ketentuan-ketentuan lainnya yang terdapat dalam Syarat dan Ketentuan Umum ini akan tetap berlaku dan mengikat.


TERKAIT LAYANAN BOOKING SERVICE
  1. OTOMOTO memiliki Layanan Booking Service untuk membantu Pengguna OTOMOTO, termasuk Anda, untuk mempermudah proses servis kendaraan anda.
  2. Namun terhitung dari 15 Maret 2020 hingga saat ini, Layanan ini sedang tidak beroperasional.
  3. Jika anda memiliki pertanyaan mengenai Layanan Booking Service, silahkan menghubungi support@otomoto.id.


TERKAIT LAYANAN LOAN
  1. OTOMOTO bekerjasama dengan Pihak Perusahaan Pembiayaan Resmi dan terlisensi OJK untuk menyediakan Penawaran Produk Pinjaman, terutama produk pinjaman terkait dengan kendaraan. Baik Kredit Motor/ Mobil Baru & Bekas, ataupun Pinjaman dana tunai berjaminan BPKB.
  2. Dalam Hal ini, OTOMOTO akan meneruskan Data Pribadi dan Data Pendukung yang telah dikumpulkan oleh OTOMOTO kepada rekanan kami tersebut.
  3. Proses Pengajuan pinjaman dan keputusan, berada di tangan rekananan perusahaan pembiayaan tersebut. OTOMOTO tidak dapat dan tidak berhak untuk mengubah/ menentukan hasil keputusan pinjaman.
  4. Kami meminta kepada Anda untuk menerima baik hasil keputusan atas pengajuan Anda di Layanan Loan melalui OTOMOTO.
  5. Anda menjamin kebenaran atas seluruh data dan informasi yang diberikan oleh Anda kepada OTOMOTO. Data dan informasi tersebut akan digunakan oleh Pihak Pemberi Pinjaman untuk keperluan penilaian kelayakan dan lainnya.
  6. OTOMOTO tidak dapat bertanggung jawab atas kepastian dan kebenaran data yang masuk dan diteruskan kepada Pihak rekanan.
  7. OTOMOTO juga tidak dapat bertanggung jawab atas kepastian pemberian pinjaman, suku Bunga, ketentuan maupun hak dan kewajiban yang dapat diterima Pengguna OTOMOTO/ Anda.
  8. Keputusan terkahir ada ditangan Anda dan Perusahaan Pembiayaan, sehingga segala kerugian yang diakibatkan, baik material maupun non-material, secara langsung maupun tidak langsung, yang ditanggung oleh Pihak Pengguna OTOMOTO maupun Pihak Perushaaan Pembiayaan, tidak ditanggung oleh OTOMOTO.


TERKAIT FITUR PRICE ENGINE & SMART INSPECTION
  1. “Price Engine” adalah fitur pintar berbentuk perangkat lunak yang berlandaskan algoritma dan machine learning untuk memperkirakan harga pasar dari kendaraan Anda.
  2. Hasil dari Price Engine bukan merupakan Harga Mutlak dan Pasti. Harga tersebut bersifat tidak pasti, dapat berubah setiap saat, dan menyesuaikan dengan kondisi pasar sehingga tidak mengikat.
  3. “Smart Inspection” dan “Smart Inspection Pro” adalah fitur pintar berbentuk perangkat lunak yang berlandaskan algoritma dan machine learning untuk memperkirakan grade/ kondisi motor dan perkiraan harga tawar sesuai kondisi motor tersebut.
  4. Hasil Grade dan Harga Tawar dari Smart Inspection tidak bersifat mutlak dan tidak mengikat. Sedangkan Hasil dari Smart Inspection Pro bersifat mutlak, meskipun secara Harga tidak bersifat Mutlak.
  5. Pihak manapun, dilarang menggunakan Price Engine dan Smart Inspection/ Pro secara sepihak baik untuk komersial maupun non komersial, tanpa persetujuan dan ijin dari OTOMOTO dan afiliasinya.
  6. Fitur Price Engine dan Smart Inspection yang terdapat pada Layanan OTOMOTO (Aplikasi dan Situs Web) boleh digunakan oleh siapa saja selagi sesuai dengan Ketentuan dalam Syarat dan Ketentuan Umum dan ketentuan ini.
  7. Maka dari itu, hasil yang ditampilkan Price Engine dan Smart Inspection bersifat sebagai acuan semata.


DISCLAIMER
I. Kredit Kendaraan
  1. Harga, Simulasi DP, angsuran, dan tenor tidak bersifat final dan mutlak mengikat. Hal tersebut dapat berubah-ubah mengikuti ketentuan Dealer rekanan, Perusahaan Pembiayaan terkait, dan hasil penilaian terhadap kelayakan dan kemampuan konsumen. Hasil persetujuan atas permohonan kredit kendaraan bukan menjadi tanggung jawab OTOMOTO.
  2. OTOMOTO hanya bertindak sebagai saran penyampaian informasi dari dan kepada Dealer Rekanan, Perusahaan Pembiayaan Terkait, dan Penjual/ Pembeli.
  3. Unit yang ditawarkan di OTOMOTO adalah berasal langsung dari Dealer Motor Baru resmi, dan Dealer Motor Bekas resmi yang telah bekerjasama dengan OTOMOTO.
  4. Konsumen (penjual/ pembeli) OTOMOTO melepaskan resiko dan tanggung jawab dari OTOMOTO terhadap kondisi kendaraan, persetujuan kredit, dan segala transaksi yang terjadi antara konsumen dengan perusahaan pembiayaan.

II. Estimasi Harga
  1. Kelengkapan dokumen mempengaruhi perhitungan estimasi harga kendaraan.
  2. Rentang estimasi harga kendaran tidak mutlak dan tidak berdasarkan pada kondisi fisik kendaraan. Melainkan, perkiraan harga pasar secara umum hasil dari olahan data dan perhitungan internal. Estimasi harga kendaraan yang lebih akurat dapat diperoleh dengan Melalui inspeksi kendaraaan.
  3. Rentang estimasi harga kendaraan hanya bertindak sebagai referensi dan tidak menjadi penentu dari harga jual kendaraan.
  4. Estimasi harga tidak mengikat pihak manapun.

III. Inspeksi Kendaraan
  1. Kelengkapan dokumen dan kondisi fisik kendaraan mempengaruhi estimasi harga dan Grade kendaraan.
  2. Inspeksi atas kendaraan yang dilakukan melalui fitur Smart Inspection pada Aplikasi/ Situs Web ini, hanya inspeksi atas:
    1. Kondisi fisik kendaraan berdasarkan pengamatan Pengguna;
    2. Kesamaan fisik kendaraan dengan data pada dokumen kendaraan.
  3. Kami tidak menjamin keabsahan dan ketepatan hasil inspeksi yang menggunakan fitur Smart Inspection.
  4. Hasil Smart Inspection tersebut, yang merupakan perkiraan, hanya berlaku pada jam dan tanggal dilakukannya inspeksi.

IV. Offering Price/ Harga Tawar
  1. Harga Tawar OTOMOTO adalah estimasi harga yang boleh digunakan dalam membeli kendaraan dari Penjual (Konsumen).
  2. Harga tawar yang ditampilkan dalam Layanan OTOMOTO (Aplikasi, Situs Web, dan fitur-fitur tertentu), tidak bersifat mengikat bagi pihak manapun.
  3. Harga tawar yang akan digunakan oleh OTOMOTO dalam membantu proses transaksi Penjualan antara Konsumen dengan Pihak Pembeli adalah berdasarkan hasil cek fisik kendaraan melalui Smart Inspection Pro yang dilakukan inspektor terlatih dan memiliki ketentuan sebagai berikut:
    1. Sudah diinspeksi oleh Inspektor OTOMOTO dan atau mitra yang telah mendapatkan training dengan hasil Smart Inspection Pro Grade A atau Grade B+.
    2. Memiliki BPKB asli, bukan duplikat.
    3. Memiliki STNK asli, bukan STNK legalisir.
    4. BPKB dan STNK tercatat atas nama pemilik yang sama.
    5. Data pada STNK sama dengan data pada fisik sepeda motor.
  4. Harga tawar OTOMOTO tidak berlaku terhadap hasil Smart Inspection Pro dibawah Grade B+ dan akan ada penyesuaian jika ketentuan diatas tidak terpenuhi.
  5. Harga tawar ini berlaku maksimum 2 hari dari sejak harga dikeluarkan dari hasil Smart Inspection Pro dan jika tidak terjadi perubahan kondisi apapun secara sengaja maupun tidak sengaja pada kendaraan.

V. Max Loan/ Nilai Maksimal Pinjaman
  1. Max Loan/ Nilai Maksimum Pinjaman adalah nominal yang dapat dicairkan oleh Perusahaan Pembiayaan rekanan OTOMOTO kepada konsumen/ pengguna OTOMOTO.
  2. Nilai Maksimum Pinjaman dapat berubah sesuai dengan kebijakan dari Perusahaan Pembiyaaan terkait, kondisi kendaraan, dan penilaian terhadap kelayakan dan kemampuan konsumen.
  3. Keputusan akhir terhadap pencairan adalah berdasarkan keputusan dari Perusahaan Pembiayaan Terkait. Hitungan yang terdapat pada OTOMOTO bersifat acuan dan tidak mutlak.

PRIVACY POLICY / KEBIJAKAN PRIVASI

Kebijakan Privasi berikut ini menjelaskan bagaimana kami mengumpulkan, menggunakan, memindahkan, mengungkapkan, dan melindungi informasi pribadi Anda. Data Anda yang dapat diidentifikasi yang diperoleh melalui Aplikasi kami (sebagaimana didefinisikan di bawah). Mohon membaca Kebijakan Privasi ini dengan seksama untuk memastikan bahwa Anda memahami bagaimana ketentuan Kebijakan Privasi ini kami berlakukan.

Kebijakan Privasi ini disertakan sebagai bagian dari Ketentuan Penggunaan kami.

Penggunaan Anda terhadap Layanan OTOMOTO menunjukan persetujuan Anda terhadap Ketentuan Penggunaan dan Kebijakan Privasi tersebut.


I. Definisi
  1. “Kami” berarti PT Adi Mitra Sentosa, suatu perusahaan yang didirikan berdasarkan hukum Negara Republik Indonesia
  2. “Aplikasi” berarti suatu aplikasi piranti lunak yang telah kami kembangkan yang merupakan suatu sarana untuk menemukan Layanan yang disediakan oleh pihak ketiga (lain) dan untuk penyedia layanan memasukkan informasi perihal layanan yang disediakan.
  3. “Penyedia Layanan” berarti pihak yang menyediakan Layanan melalui Aplikasi/ Situs Web.
  4. "Layanan" berarti setiap jasa di bidang otomotif yang ditawarkan melalui Aplikasi.
  5. “Informasi Pribadi” berarti informasi mengenai Anda yang secara pribadi dapat diidentifikasi yang dikumpulkan melalui Aplikasi, seperti nama, alamat, tanggal lahir, pekerjaan, nomor telepon, alamat surat elektronik (e-mail) Anda dan/atau sejenisnya, dan informasi lain yang mungkin dapat mengidentifikasi orang tertentu yang sedang menggunakan Aplikasi.
  6. “Situs web” berarti situs web kami di www.otomoto.id

Definisi tersebut, melengkapi penjelasan pada Syarat dan Ketentuan Umum. Jika terdapat perbedaan, maka mengikuti pada Syarat dan Ketentuan Umum.


II. Informasi yang Kami Kumpulkan
  1. Kami mengumpulkan Informasi Pribadi tertentu dari Anda agar Aplikasi dapat menemukan Layanan dari Penyedia Layanan. Anda akan langsung memberikan Informasi Pribadi (sebagai contoh, saat Anda mendaftar) dan beberapa informasi akan secara otomatis dikumpulkan ketika Anda menggunakan Aplikasi.
  2. Ketika Anda mengunjungi Situs web kami, administrator situs web kami akan memproses data teknis seperti alamat IP Anda, halaman web yang pernah Anda kunjungi, browser internet yang Anda gunakan, halaman web yang sebelumnya/ selanjutnya Anda kunjungi dan durasi setiap kunjungan/ sesi yang memungkinkan kami untuk mengirimkan fungsi-fungsi Situs web. Sebagai tambahan, dalam beberapa hal, browser dapat menyarankan Anda agar mengaktifkan geo-location Anda untuk memungkinkan kami memberikan Anda suatu pengalaman yang lebih baik. Dengan data teknis ini administrator Situs web kami dapat mengelola Situs web, misalnya dengan menyelesaikan kesulitan-kesulitan teknis atau memperbaiki kemampuan untuk dapat diaksesnya bagian-bagian tertentu dari Situs web. Dengan cara ini, kami dapat memastikan bahwa Anda dapat (terus) menemukan informasi pada Situs web dengan cara yang cepat dan sederhana.

III. Informasi yang Anda berikan secara langsung.
  1. Pada saat mendaftar pada Aplikasi, Anda akan memberikan kepada kami alamat surat elektronik / surel (email), nama, nomor telepon, dan sandi akun Anda.
  2. Ketika Anda menggunakan Aplikasi untuk menemukan suatu layanan, Anda memberikan informasi pada kami, yaitu lokasi, jenis servis kendaraan yang Anda inginkan dan informasi lainnya. Ketika Anda menggunakan Aplikasi kami, kami juga akan memproses data teknis Anda seperti alamat IP, Identitas (ID) Perangkat atau alamat MAC, dan informasi mengenai pabrikan, model, dan sistem operasi dari perangkat bergerak/mobile device Anda. Kami menggunakan data ini untuk memungkinkan kami untuk mengirimkan fungsi-fungsi dari Aplikasi, menyelesaikan kesulitan-kesulitan teknis, menyediakan bagi Anda versi Aplikasi yang benar dan terkini dan untuk meningkatkan fungsi Aplikasi.

IV. Informasi yang kami kumpulkan ketika Anda menggunakan Aplikasi.
  1. Ketika Anda menggunakan Aplikasi melalui perangkat bergerak/ mobile device Anda, kami akan melacak dan mengumpulkan informasi geo-location secara real-time. Kami menggunakan informasi ini untuk memungkinkan Anda untuk melihat Penyedia Layanan yang berada di daerah Anda yang dekat dengan lokasi Anda, mengirimkan informasinya kepada Penyedia Layanan yang diminta. Kami juga dapat menggunakan informasi geo-location secara real-time ini untuk memberikan bantuan, menyelesaikan kesulitan-kesulitan teknis atau usaha yang mungkin timbul pada saat Anda menggunakan Aplikasi. Anda dapat mematikan informasi pelacak geo-location pada tingkatan perangkat untuk sementara waktu. Perangkat bergerak/mobile Anda akan memberitahukan Anda ketika geo-location Anda dilacak dengan menampilkan simbol panah Global Positioning System (GPS).

V. Penggunaan Informasi yang Kami Kumpulkan
  1. Kami menggunakan surel (email), nama, nomor telepon, dan sandi akun Anda untuk memverifikasi kepemilikan Anda atas suatu akun, untuk berkomunikasi dengan Anda sehubungan dengan permintaan Anda dan untuk memberikan Anda informasi mengenai Aplikasi. Kami juga dapat menggunakan surel (email), nama, , dan nomor telepon Anda untuk mengirimkan pesan, pembaharuan yang bersifat umum atas Aplikasi, penawaran-penawaran khusus atau promosi-promosi.
  2. Kami menggunakan geo-location untuk menemukan Penyedia Layanan yang berada di sekitar Anda.
  3. Kami menggunakan Informasi Pribadi dalam bentuk tanpa nama dan secara keseluruhan untuk memantau lebih dekat fitur-fitur mana dari Layanan yang paling sering digunakan, untuk menganalisa pola penggunaan dan untuk menentukan apakah kami akan menawarkan atau fokus pada Layanan kami. Anda dengan ini setuju bahwa data Anda akan digunakan oleh pemrosesan data internal kami untuk memberikan Layanan yang lebih baik kepada Anda.

VI. Pemberian Informasi yang Kami Kumpulkan
  1. Setelah menerima permintaan Anda, kami akan memberikan informasi seperti nama, nomor telepon, informasi kendaraan, dan servis yang diinginkan kepada Penyedia Layanan yang menerima permintaan servis Anda. Informasi ini dibutuhkan oleh Penyedia Layanan untuk menghubungi Anda, dan/atau menemukan Anda dan/atau memenuhi permintaan Anda.
  2. Anda dengan ini setuju dan memberikan wewenang pada kami untuk memberikan Informasi Pribadi Anda kepada Penyedia Layanan sebagai suatu bagian dari ketentuan Layanan.
  3. Kami memberikan informasi geo-location kepada Penyedia Layanan kami, untuk melaksanakan layanan-layanan terkait dengan Situs web (misalnya tanpa pembatasan, layanan pemeliharaan, pengelolaan database, analisis web dan penyempurnaan fitur-fitur Situs web) atau untuk membantu kami dalam menganalisa bagaimana Layanan kami digunakan atau untuk penasihat profesional dan auditor eksternal kami, termasuk penasihat hukum, penasihat keuangan, dan konsultan-konsultan. Para pihak ketiga ini hanya memiliki akses atas Informasi Pribadi Anda untuk melakukan tugas-tugas tersebut atas nama kami dan secara kontraktual terikat untuk tidak mengungkapkan atau menggunakan Informasi Pribadi tersebut untuk tujuan lain apapun.
  4. Kami tidak membagikan Informasi Pribadi Anda kepada pihak manapun selain kepada Penyedia Layanan terkait dan perusahaan dan individu pihak ketiga yang disebutkan di atas, tanpa persetujuan dari Anda. Namun demikian, kami akan mengungkapkan Informasi Pribadi Anda sepanjang dimintakan secara hukum, atau diperlukan untuk tunduk pada ketentuan perundang-undangan, peraturan-peraturan dan pemerintah, atau dalam hal terjadi sengketa, atau segala bentuk proses hukum antara Anda dan kami, atau antara Anda dan pengguna lain sehubungan dengan, atau terkait dengan Layanan, atau dalam keadaan darurat yang berkaitan dengan kesehatan dan/atau keselamatan Anda.
  5. Informasi Pribadi Anda dapat dialihkan, disimpan, digunakan, dan diproses di suatu yurisdiksi selain di Negara Republik Indonesia, dimana server-server kami berada. Anda memahami dan setuju atas pengalihan Informasi Pribadi Anda ke luar Negara Republik Indonesia.
  6. Kami tidak menjual atau menyewakan Informasi Pribadi Anda kepada pihak manapun.

VII. Keamanan

Kami tidak menjamin keamanan database kami dan kami juga tidak menjamin bahwa data yang Anda berikan tidak akan ditahan/terganggu ketika sedang dikirimkan kepada kami. Setiap pengiriman Informasi Pribadi oleh Anda kepada kami merupakan risiko Anda sendiri. Anda tidak boleh mengungkapkan sandi Anda kepada siapapun. Bagaimanapun efektifnya suatu teknologi, tidak ada sistem keamanan yang tidak dapat ditembus.


VIII. Perubahan atas Kebijakan Privasi ini

Kami dapat mengubah Kebijakan Privasi ini untuk mencerminkan perubahan dalam kegiatan kami. Jika kami mengubah Kebijakan Privasi ini, kami akan memberitahu Anda melalui email atau dengan cara pemberitahuan di Situs web 1 (satu) hari sebelum perubahan berlaku. Kami menghimbau Anda untuk meninjau halaman ini secara berkala untuk mengetahui informasi terbaru tentang bagaimana ketentuan Kebijakan Privasi ini kami berlakukan.


IX. Lain-lain
  1. Bahasa. Kebijakan Privasi ini dibuat dalam bahasa Inggris dan bahasa Indonesia, versi keduanya akan mengikat Anda dan kami. Jika terdapat ketidaksesuaian antara versi bahasa Indonesia dan versi bahasa Inggris, maka versi bahasa Indonesia yang akan berlaku.
  2. Hukum yang mengatur dan yurisdiksi. Kebijakan Privasi ini diatur oleh dan untuk ditafsirkan dalam hukum Negara Republik Indonesia. Setiap dan seluruh sengketa yang timbul dari kebijakan privasi ini akan diatur oleh yurisdiksi eksklusif dari Pengadilan Negeri Jakarta Pusat.

X. Pengakuan dan Persetujuan
  1. Dengan menggunakan Aplikasi dan Situs Web (Layanan OTOMOTO), Anda mengakui bahwa Anda telah membaca dan memahami Kebijakan Privasi ini dan Ketentuan Penggunaan dan setuju dan sepakat terhadap penggunaan, praktek, pemrosesan dan pengalihan Informasi Pribadi Anda oleh kami sebagaimana dinyatakan di dalam Kebijakan Privasi ini.
  2. Anda juga menyatakan bahwa Anda memiliki hak untuk membagikan seluruh Informasi Pribadi yang telah Anda berikan kepada kami dan untuk memberikan hak kepada kami untuk menggunakan dan membagikan Informasi Pribadi tersebut kepada Penyedia Layanan.

Bagaimana Cara Menghubungi Kami

Jika Anda memiliki pertanyaan lebih lanjut tentang privasi dan keamanan Informasi Pribadi Anda dan ingin memperbarui atau menghapus data Anda maka silahkan hubungi kami di: support@otomoto.id atau Whatsapp ke 0813 8777 7876

--

Syarat dan Ketentuan ini dibuat sebagaimana semestinya dan untuk menjaga kebaikan perusahaan dan para penggunanya. Dalam menyesuaikan dengan kondisi pasar, perusahaan, lini bisnis, proses bisnis, serta peraturan hukum yang berlaku. Syarat dan Ketentuan ini dapat berubah sewaktu-waktu dan akan terus disesuaikan sebagaimana semestinya. Dalam hal itu, kami akan segera berusaha untuk memberitahukan kepada Anda.

Jika ada ketentuan yang belum tertera, atau jika anda memiliki pertanyaan tertentu, silahkan menghubungi Tim Support kami melalui support@otomoto.id atau melalui Whatsapp di 0813 8777 7876.